MiniGP, Motor Kerdil yang Peminatnya Orang Besar

Kompas.com - 07/10/2019, 11:12 WIB
Produk sepeda motor mini untuk buah hati Otomania/Setyo AdiProduk sepeda motor mini untuk buah hati
|

JAKARTA, KOMPAS.com - MiniGP atau motor kecil berkubikasi 50cc makin menggeliat beberapa tahun terakhir, sejalan dengan banyaknya penyelengaraan balap motor mini untuk anak kecil.

Motor mini yang dimaksud bukan motor semacam Honda Monkey Z50 atau Honda Dax, tapi motor mini yang sering disebut pocket bike. Karena ukuranya sangat kecil untuk ukuran orang dewasa.

Baca juga: Rocks Mini, Komunitas Motor Mini yang Tak Pilih-pilih

Tapi di lapangan yang terjadi sebaliknya, pecinta motor mini justru orang dewasa. Malah, dari beberapa penjual, mengatakan motor mini lebih sering dipakai orang dewasa ketimbang anak kecil.

Komunitas Motor Mini IndonesiaKOMPAS.com/Gilang Komunitas Motor Mini Indonesia

"Pemainnya kebanyakan itu orang dewasa. Karena kan bisa dibilang murah. Kalau anak kecil biasanya buat balap atau belajar. Tapi kalau orang dewasa jadi hobi. Buat harian, nongkrong, balap juga," kata Endang Tirtana selaku member Komunitas Motor Mini Indonesia (KOMMI).

Baca juga: Suzuki Tantang Sepeda Motor “Mini” Honda

Pria yang juga buka bengkel servis harian dan tune up motor mini di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, mengatakan, yang populasi motor mini banyak tapi yang keluar jarang karena yang punya cepat bosan.

"Buat yang dewasa sebentar saja juga sudah bosan. Bosan itu karena tidak ada temannya, biar tidak sia-sia dan tidak bosan, gabung sama komunitas. Di Facebook ada jadi tetap main motor mini," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X