Mayoritas Harga Mobil Ketua MPR Miliaran, Paling Mahal Rp 4,3 M

Kompas.com - 04/10/2019, 13:32 WIB
Rolls-Royce Phantom generasi ketujuh jadi salah satu mobil kepunyaan Bambang Soesatyo, KEtua MPR RI 2019-2014. autocar.co.ukRolls-Royce Phantom generasi ketujuh jadi salah satu mobil kepunyaan Bambang Soesatyo, KEtua MPR RI 2019-2014.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Politikus Golkar Bambang Soesatyo yang ditetapkan menjadi Ketua MPR RI periode 2019-2024, ternyata merupakan seorang pehobi otomotif.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2018, disebutkan jika Bamsoet, pangilan akrabya punya sederet mobil- mobil mewah. Total nilainya mencapai Rp 18,560 miliar, yang terdiri atas 11 mobil dan dua sepeda motor.

Perlu diketahui, dari 11 mobil Bamsoet, hanya dua unit yang berharga ratusan juta rupiah, yakni Jeep Rubicon produksi 2013 dengan taksiran nilai Rp 350 juta, dan Toyota Fortuner keluaran 2012 dibanderol Rp 250 juta.

Baca juga: Bamsoet Hobi Koleksi Mobil Mewah, Toyota Fortuner Jadi yang Termurah

Pimpinan sementara MPR Abdul Wahab Dalimunte (kedua kiri) dan Hillary Brigitta Lasut (kiri) memberikan palu sidang kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) usai pelantikan pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Pimpinan sementara MPR Abdul Wahab Dalimunte (kedua kiri) dan Hillary Brigitta Lasut (kiri) memberikan palu sidang kepada Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) usai pelantikan pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR.

Sementara sembilan unit sisanya memiliki harga taksiran di atas Rp 1 miliar, bahkan yang tertinggi mencapai Rp 4,3 miliar. Mobil itu adalah Rolls-Royce Phantom keluaran 2011.

Phantom merupakan sedan berukuran besar yang punya sejarah panjang. Generasi pertamanya sudah diproduksi sejak 1925, sementara model terakhirnya adalah generasi kedelapan yang meluncur 2017 hingga saat ini.

Model yang dimiliki Bamsoet merupakan Phantom generasi ketujuh yang telah dikenalkan sejak 2003. Mobil ini menggunakan platform sasis unik, dengan mempertahankan ciri khas Rolls-Royce tradisional, namun dengan bodi sebagian besar alumunium.

Baca juga: Jadi Ketua MPR RI, Ini Daftar Mobil Bamsoet yang Dilaporkan ke KPK

Koleksi Mobil Ketua DPR Bambang Soesatyodok.instagram Koleksi Mobil Ketua DPR Bambang Soesatyo

Melansir dari laman Auto News, Phantom dibangun bersama BMW di pabrik Rolls-Royce di Goodwood, West Sussex, dekat sirkuit balap motor Goodwood yang bersejarah.

Produksi Phantom dilakukan dengan penuh ketelitian, setiap pengerjaan yang dilakukan robot, akan segera diselesaikan dengan tangan manusia. Sehingga Phantom tetap hadir sesuai tradisi dan amat memperhatikan detail kemewahan.

Secara dimensi memiliki ukuran panjang bodi 5,83m x 1,99m x 1,63m (Panjang x Lebar x Tinggi), Phantom sejatinya memang sebuah sedan besar, bobotnya bahkan mencapai 2,485 kg.

Baca juga: Sisi Lain Ketua DPR Bambang Soesatyo, Hobi Koleksi Mobil Mewah

Namun akselerasi dari 0 hingga 100 Km/jam dapat tuntas dalam hitungan 5,9 detik. Tak lain hal ini berkat mesin 6.749 cc V12 bertenaga 454 dk dan torsi maksimal 720 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis ZF 6-speed.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X