Bamsoet Hobi Koleksi Mobil Mewah, Toyota Fortuner Jadi yang Termurah

Kompas.com - 04/10/2019, 13:02 WIB
Ilustrasi Toyota Fortuner keluaran 2012 automiddleast.comIlustrasi Toyota Fortuner keluaran 2012

JAKARTA, KOMPAS.com – Usai menjabat Ketua DPR RI periode 15 Januari 2018 sampai 30 September 2019, Bambang Soesatyo kini terpilih sebagai Ketua MPR RI. Politikus Golkar ini punya sisi lain sebagai penggemar otomotif, dengan mengoleksi belasan mobil dan motor.

Dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2018, dapat diketahui jika Bamsoet memiliki total 13 kendaraan yang terdiri dari 11 mobil dan dua sepeda motor.

Menariknya hanya empat kendaraan Bamsoet yang berharga ratusan juta, sisanya di atas Rp 1 miliar, bahkan ada yang menyentuh Rp 4,3 miliar.

Baca juga: Nilai Kendaraan Punya Ketua MPR Bambang Soesatyo Mencapai Rp 18 Miliar

Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) mengangkat palu sidang usai pelantikan pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR.ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) mengangkat palu sidang usai pelantikan pimpinan MPR periode 2019-2024 di ruang rapat Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019). Sidang Paripurna tersebut menetapkan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024 dengan Wakil Ketua, Ahmad Basarah dari Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Jazilul Fawaid dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Zulkifli Hasan dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Hidayat Nur Wahid dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Arsul Sani dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan dan Fadel Muhammad dari Kelompok DPD di MPR.

Empat kendaraan itu di antaranya adalah Jeep Rubicon tahun 2013 dengan taksiran nilai Rp 350 juta, dan Toyota Fortuner tahun 2012 seharga Rp 250 juta.

Kemudian juga dua sepeda motor, Harley-Davidson tahun 1995 senilai Rp 100 juta dan Harley-Davidson tahun 1993 ditaksir Rp 110 juta.

Praktis mobil termurah Bamsoet adalah Toyota Fortuner tahun 2012, merupakan model facelift kedua yang meluncur pada 2011. Pada waktu itu, SUV ladder frame ini mendapat ubahan besar pada sektor gril, lampu depan, dan bumper.

Tahun 2012, mesin diesel 2.500 cc berkode 2KD-FTV yang dimiliki Fortuner ditambahkan Variable Nozzle Turbocharger sehingga tenaganya meningkat, dari yang sebelumnya 102 dk dan torsi 260 Nm, menjadi 118 dk dan torsi 325 Nm.

Di zamannya, pesaing langsung Mitsubishi Pajero ini memang cukup diminati berkat daya tampung tujuh penumpang serta kemampuan khas SUV menengah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X