Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nilai Kendaraan Punya Ketua MPR Bambang Soesatyo Mencapai Rp 18 Miliar

Kompas.com - 04/10/2019, 07:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua MPR RI periode 2019-2014 Bambang Soesatyo merupakan seorang pehobi otomotif. Lewat unggahannya di media sosial, bisa dilihat koleksi kendaraan mulai mobil hingga sepeda motor yang memiliki banderol mahal.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2018, bisa dilihat total harta kekayaan Bamsoet mencapai Rp 98,019 miliar.

Sementara nilai harta dari alat transportasi dan mesin yang ia miliki sekitar Rp 18,560 miliar, yang terdiri dari 11 mobil dan dua unit sepeda motor.

Baca juga: Bamsoet Jadi Ketua MPR RI Lewat Musyawarah Mufakat

Koleksi Mobil Ketua DPR Bambang Soesatyodok.instagram Koleksi Mobil Ketua DPR Bambang Soesatyo

Angka ini sebetulnya mengalami peningkatan dari nilai harta berdasarkan LHKPN 2017, yang berjumlah Rp 15,760 miliar. Ketika itu totalnya terdiri dari 12 kendaraan, sembilan mobil dan dua unit motor.

Baca juga: Ketua DPR Bambang Soesatyo Ikutan Beli Tesla Model 3

Selama 2017 sampai 2018 juga bisa diketahui jika Bamsoet menambah jumlah koleksi dengan membeli dua unit mobil, yaitu Ferrari lansiran 2012 yang diperkirakan memiliki harga jual Rp 1,8 miliar, dan Lamborghini produksi 2012 senilai Rp 2,1 miliar.

Bambang Soesatyo dengan koleksi Hummer H1Instagram/@bambang.soesatyo Bambang Soesatyo dengan koleksi Hummer H1

Satu hal yang menarik, dari sederet mobil mewahnya Bamsoet juga memiliki dua unit mobil listrik Tesla. Belakangan ia memang sering tertangkap kamera berangkat ke kantor menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Mobil Tesla milik Ketua DPR Bambang Soesatyo Kompas.com/Rakhmat Nur Hakim Mobil Tesla milik Ketua DPR Bambang Soesatyo

“Peminat Tesla saat ini campur-campur. Banyak dari pejabat, artis, atau pengusaha, salah satunya Pak Bamsoet yang sudah beli Model X dan Model S,” kata Presiden Direktur Prestige Image Motorcars Rudy Salim kepada Kompas.com belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com