Tantangan Kompetisi Teknisi Honda Makin Berat Tiap tahun

Kompas.com - 20/08/2019, 17:42 WIB
Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019 KOMPAS.com/GilangAstra Honda Motor Technical Skill Contest 2019
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Kompetisi Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2019, tahun ini diikuti 28 perserta teknisi dan 28 service advisor yang disaring dari 3.788 AHASS seluruh Indonesia.

Tahun ini khusus untuk teknisi melombakan dua jenis yaitu troubleshooting (pemecahan masalah) sampai praktek meja, menggunakan tiga jenis motor mulai dari bebek, motor matik hingga motor sport.

Baca juga: Honda CB150R StreetFire Bersolek

"Untuk bebek kita pakai Revo, matik pakai Vario dan BeAT, sedangkan motor sport pakai CBR150R. Jadi sebetulnya hampir seluruh model kita lombakan," kata Dady Hendratno, Technical Training Manager AHM di Semarang, Selasa (20/8/2019).

Pemilihan lima motor tersebut untuk objek karena dinilai yang paling banyak di pasar. Dady mengatakan, pemilihannya cenderung melihat di lapangan, yang mana mayoritas adalah skutik dan bebek.

Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019KOMPAS.com/Gilang Astra Honda Motor Technical Skill Contest 2019

Dady mengatakan, uji kompetensi teknisi AHASS pada AHM-TSC 2019 pada dasarnya dirancang dengan mengacu pada impelementasi sistem injeksi PGM-FI dan teknologi motor Honda terbaru.

Dari segi tantangan pun lebih sulit dari tahun lalu. Salah satunya ialah pemecahan masalah mengenai ESS atau Emergency Stop Signal yang terdapat di CBR150R dan masalah kontak keyless.

Baca juga: Modifikasi Honda Win 100, Sang Penyemangat Kerja Pak Dishub

Kalibrasi pengujian untuk teknisi meliputi uji teori, analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang dan penanganan masalah pada sepeda motor.

"Sedangkan para Service Advisor, mereka diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan serta sisi praktik melayani konsumen," kata Dady.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X