Toyota Lagi Cari Mobil Hybrid yang Cocok di Indonesia

Kompas.com - 08/08/2019, 13:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota diketahui menyiapkan dana Rp 28,3 triliun untuk mengembangkan kendaraan elektrifikasi atau hibrida di Indonesia. Toyota terus melakukan studi model apa yang tepat untuk Indonesia.

Jika ingin cepat diterima pasar secara masif, Toyota bisa masuk di segmen gemuk yang digemari, yakni kelas mobil multi guna murah atau Low MPV seperti Avanza, atau model lain semisal Low SUV maupun LCGC.

Baca juga: Akhirnya Jokowi Teken Perpres Mobil Listrik

Tapi Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, jika memang Toyota nantinya membuat mobil hibrida di Indonesia, maka belum tentu bermain di kelas-kelas itu.

"Kami masih terus melakukan studi masuk ke mana. Market low (mobil kelas bawah) memang besar. Tapi belum tentu ke sana, karena kalau membuat mobil hibrida di kelas itu, nanti mau dihargai berapa?," kata Soerjo di Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Komunitas Agya Ayla SoliDaritas (AASD) merayakan ulang tahun pertamanya.Donny Dwisatryo Priyantoro Komunitas Agya Ayla SoliDaritas (AASD) merayakan ulang tahun pertamanya.

Bicara mobil elektrifikasi, yang mana di dalamnya termasuk mobil listrik dan hibrida, Soerjo mengatakan, Toyota sebagai produsen tidak bisa bergerak sendiri sebab ada regulator yakni pemerintah dan konsumen.

Baca juga: Sienta VS Freed di Bursa Mobil Bekas

"Masing-masing punya tanggung jawab. Kalau kami dari APM melihatnya dua, regulator dan kustomer. Pemerintah mau ke mana APM pasti akan mengikuti," katanya.

Dari sisi konsumen, lanjut Soerjo, Toyota sudah aktif memberikan edukasi mengenai mobil elektrifikasi sejak tiga tahun lalu. "Kalau dilihat dari GIIAS tiga tahun lalu, kami tampilkan terus kendaraan EV (Electric Vehicle)," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.