Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Suzuki Lambat Bergerak Luncurkan Motor Baru

Kompas.com - 30/07/2019, 11:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki tak ingin dibilang ragu-ragu dalam meluncurkan model yang akan bersaing di Indonesia. Kendati diketahui, Suzuki tertinggal kompetitor jika bicara skuter bongsor, motor dual purpose dan motor gede.

Yohan Yahya, Department Head of Sales Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, mengembangkan motor tidak mudah, banyak hal yang harus diperhatikan. Sebab pengembangan suatu produk harus melihat jangka panjang.

Baca juga: Suzuki Katana di GIIAS 2019 Sudah Dipesan 10 Orang

"Contoh model apa yang saat ini kita sukai, semua subjektif, kita harus mengolah, kadang kita lihat ini bagus, tapi untuk saat ini, apakah tiga bulan ke depan tetap bagus? karena setiap motor yang dibuat tidak ada yang bicara satu tahun ke depan, tapi lebih dari itu," kata Yohan yang ditemui di GIIAS 2019, belum lama ini.

Suzuki Katana hadir di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019.Kompas.com/Donny Suzuki Katana hadir di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019.

Yohan mengatakan, pada dasarnya pihaknya menerima semua masukan termasuk dari konsumen mengenai produk-produk Suzuki, baik itu produk yang sudah meluncur atau yang akan meluncur. Namun sebelum itu semua harus diolah secara matang.

"Saat kita bicara motor misalkan dua tahun yang akan datang, apakah dari sisi model saja orang melihat, tidak. Orang melihat dari ekonomi, pengaruhnya bagaimana, ekonomi membaik apa yang terjadi, orang bisa beli mobil. Kalau orang punya uang ingin motor seperti apa? Apakah motor yang biasa, sedangkan mereka punya uang," kata Yohan.

Baca juga: Suzuki Dukung Pemerintah Masuki Era Motor Listrik

Saat ini Suzuki punya beberapa motor yang cukup potensial namun tak kunjung meluncur. Sebut saja Suzuki Burgman Street 125 yang sempat mejeng di Jakarta Fair 2019, namun hanya untuk tes pasar dan peluangnya sedikit hadir di Indonesia.

Kemudian di segmen dual purpose ada Suzuki DR 150 yang diklaim bakal meluncur tak lama lagi. Adapun di segmen moge ada motor legendaris Suzuki Katana yang jika sesuai rencana diharapkan mulai mengaspal akhir tahun 2019 atau awal 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com