Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Belum Mau Produksi Motor Listrik di Indonesia

Kompas.com - 30/07/2019, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Era kendaraan listrik sudah di depan mata, bukan hanya untuk mobil, tapi berlaku juga untuk sepeda motor. Hampir semua pabrikan menyatakan siap, salah satunya adalah Suzuki. Namun, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan motor listriknya tidak akan diproduksi di Indonesia.

PT SIS memiliki pabrik dengan fasilitas yang lengkap, bahkan beberapa produknya diekspor juga ke negara-negara tetangga. Namun, untuk motor listrik yang punya teknologi berbeda, produksinya tidak akan dilakukan di sini.

Baca juga: Suzuki Dukung Pemerintah Masuki Era Motor Listrik

“Untuk produksi motor, kita mungkin tidak akan di Indonesia. Tapi yang jelas, kita sudah siapkan,” ujar Yohan Yahya, Department Head of Sales Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales, kepada wartawan, saat Media Gathering di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Kamis (25/7/2019).

Yohan menambahkan, Suzuki akan melihat bagaimana kondisinya nanti. Lebih menguntungkan yang mana, apakah dipasarkan dengan sistem CBU (completely build-up) atau CKD (completely knock down).

Baca juga: Suzuki Tertarik Luncurkan Pesaing Honda ADV 150

“Pabrik di Jepang sudah siap, kalau di sana sudah kasih lampu kuning dan lampu hijau, kita tinggal jalankan saja,” kata Yohan.

Pada tahun 2011, Suzuki pernah mengembangkan skuter listrik, Lets, yang dibekali dengan baterai 100 volt dan daya jelajah mencapai 30 km dengan kondisi baterai penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com