Tren Baru, Sepeda DIjejali Mesin Motor

Kompas.com - 23/02/2019, 08:02 WIB
BMX bermesin 150 cc BMX bermesin 150 cc

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi memang tak mengenal batasan, semua bisa dijadikan bahan untuk berkarya. Salah satunya seperti garapan Tom Dum selaku builder 56 Motorcycles di Paris, yang menyematkan mesin motor di atas rangka sepeda BMX yang diberi nama Cub X Hybrid.

Melihat hasil karya builder yang merupakan spesialis motor cub alias bebek ini, ternyata cukup unik. Pasalnya semua tampilan rangka nampak rapi dan benar-benar dibuat layaknya BMX, yang tentunya telah dikombinasi dengan beberapa kustom untuk membuat pegangan dan alas penyangga mesin.

Tampilan depan BMX masih dipertahankan melalui ciri khas setang bawaan. Sementara suspensi depan dipotong dan digantinkan garpu yang menyerupai milik Honda C70 lawas yang di kustom agar serasi dengan rangka serta diberi pegas tambahan.

BMX bermesin 150 cc BMX bermesin 150 cc

Baca juga: Motor Kustom Terbaik Italia, Mau Dibawa ke Indonesia

Menurut Tom, ide dan inspirasi membuat motor dengan sasis BMX sudah menjadi cita-citanya sedari kecil, sejak ia melihat tampilan salah satu motor klasik dari Peugeot.

"Saya selalu ingin membangun BMX dengan mesin motor. Saya ingat ketika kecil ada Peugeot yang merilis motor seperti ini, namun tidak sukses. Sekarang setelah memiliki waktu luang saya coba untuk membuatnya," kata Tom yang disitat dari Bikeexif.com.

BMX bermesin 150 cc BMX bermesin 150 cc
Rangka tengah, tepatnya pada bagian atas terlihat serupa dengan rangka biasa, padahal sektor tersebut dijadikan ruang tangki bensin dengan kapasitas muatan yang sangat minim, yakni 1,2 liter. Semua dibuatnya dengan bahan material baja ringan.

Sedangkan untuk kaki-kaki dibuat padat dengan profil ban tebal keluaran supermoto Michelin yang ukuranya dibuat seperti motor pada umumnya, yakni 17 inci.

BMX bermesin 150 cc BMX bermesin 150 cc

Untuk mesin sendiri, Tom menjejalkan mesin pitbike YX yang kerap dijadikan mesin motor trail mini berkubikasi 150 cc. Mesin tersebut telah di-upgrade ulang pada sektor rasio, dan dipadukan dengan jantung pacu Mikuni 28 mm beserta knalpot kustom yang dibuatn Tom sendiri.




Close Ads X