Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Motor "Kustom" Tanah Air, Kibarkan Merah Putih di Yokohama

Kompas.com - 05/12/2018, 09:02 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perjuangan para builder lokal unjuk karya di ajang 27th Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2018 membuahkan hasil positif. Dua dari delapan sepeda motor kustom yang dibawa rombongan Kustomfest Indonesia Attack 2018 sukses menyabet penghargaan bergengsi.

Keduanya adalah The Falcon karya Queenlekha Coppers asal Yogyakarta yang meraih FKC Mooneyes Pick Picks Award dan Mooneyes Cool Pick Award. Sementara satunya lagi dari karya Nda King dengan motor kustom RG 545 yang meraih Mooneyes Cool Pick Award.

Kedua motor ini sukses mendapatkan penghargaan di tengah ratusan motor kustom buatan builder ternama yang memiliki kualitas tak diragukan lagi. Tentu hal ini menjadi sebuah apresiasi tinggi bagi para pengrajin kustom Tanah Air atas jerih payahnya dalam membangun karya terbaik.

Baca juga: Ini Profil 8 Motor Kustom Indonesia yang Tampil di Yokohama

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf yang datang mengunjungi rombongan Kustomfest Indonesia Attack, menjadi bentuk penghargaan dari pemerintah. Director Kustomfest Lulut Wahyudi, pun mengaku bangga karena upaya untuk mengenalkan dunia kustom dalam sektor otomotif mendapat atensi yang cukup baik dari pemerintah.

"Ini menjadi sebuah hal yang membanggakan karena negara hadir di samping kami. Ke depannya kami ingin duduk bersama membuat road map perkembangan dunia kustom kulture di Indonesia. Terima kasih untuk Bekraf yang telah membuka mata bahwa sub sektor ekonomi kreatif di bidang rancang bangun kendaraan menjadi salah satu andalan Indonesia di dunia,” ucap Lulut dalam keterangan resminya, Selasa (4/12/2018).

Dua karya rombongan Kustomfest Indonesia Attack 2018 raih penghargaan di Yokohama. Dua karya rombongan Kustomfest Indonesia Attack 2018 raih penghargaan di Yokohama.

Lulut megatakan pencapaian dua motor kustom di ajang internasional ini menjadi sinyal kuat yang menandaka karya builder anak bangsa telah mendapat pengakuan dari negara lain. Lulut mengatakan misi utama Kustomfest Indonesia Attack bukan mengincar kemenangan, tapi lebih ke bagaimana mengangkat kreatifitas dari keberagaman builder dala berkarya agar menjadi sebuat kekuatan di dunia internasional

"Kami hanya memberikan ruang mewadahi potensi yang dimilliki Indonesia untuk kemudian mengajak partisipasi berbagai pihak, termasuk juga pemerintah dalam mendukung kiprah mereka ke level yang lebih tunggi, level dunia,” kata Lulut.

Baca juga: Inspirasi Baru dari Custombike Show Jerman

Secara terpisah, Triawan Munaf juga mengaku bangga setelah menyaksikan sendiri kemeriahan acara Yokohama Hot Rod Custom Show 2018 yang ikut diikuti peserta dari Indonesia. Triawan berharap prestasi yang diraih dapat memacu para pelaku kreatif lainnya untuk berkarya dan tampil di panggung internasional.

Dua karya rombongan Kustomfest Indonesia Attack 2018 raih penghargaan di Yokohama. Dua karya rombongan Kustomfest Indonesia Attack 2018 raih penghargaan di Yokohama.

“Bekraf sangat bangga dan mengapresasi tim Kustomfest Indonesian Attack 2018 yang secara langung telah ikut memperkenalkan dan mempromosikan desain produk kreatif anak bangsa melalui rancang bangun motor di tengah ratusan peserta lain dari berbagai negara" ucap Triawan.

TIdak hanya itu, Triawan dan Lulut juga sempat menggundang para para peserta di ajang Hot Rod Yokohama untuk hadir ke Kustomfest 2019 yang akan berlangsung di Yogyakarta pada 5-6 Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com