Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Mulai Lirik Pembeli Borongan Xpander

Kompas.com - 11/12/2018, 15:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) semakin serius garap konsumen fleet alias pembeli borongan, terutama segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Model yang ditawarkan, yaitu Xpander dan tahap awal sudah dibeli Garuda Indonesia sekitar 401 unit.

Secara pasar, seperti penjelasan Head of Sales & Marketing Group MMKSI Imam Choeru Cahya berdasarkan data tahun lalu dari total pasar 1 juta unit, pembeli borongan berkontribusi 30 persen atau sekitar 300.000 unit lebih.

Bahkan dari 30 persen itu, porsi segmen LMPV atau MPV berkontribusi sekitar 40 persen atau sekitar 120.000 unit hingga 150.000 per tahun.

Baca juga: Xpander Jadi Angkutan Pramugari Garuda Indonesia

"Jadi kami anggap konsumen fleet ini cukup penting, dan sedang kita jajaki sekarang. Pelan-pelan sambil memenuhi semua permintaan Xpander perorangan," ujar Imam di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (11/12/2018).

Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Transportasi Awak Kabin Garuda IndonesiaKOMPAS.com / Aditya Maulana Mitsubishi Xpander Jadi Mobil Transportasi Awak Kabin Garuda Indonesia

Menurut Imam, MMKSI sekarang sudah mulai fokus ke pembeli borongan, karena dianggap sudah mampu memenuhi sekitar 90 persen konsumen perorangan. Sejak pertama diluncurkan pada Agustus 2017 hingga Desember 2018 sudah terpesan 115.000 unit.

"Jadi kemarin kita fokus dulu memenuhi semua pesanan yang perorangan, sekarang waktunya untuk memasuki konsumen fleet yang juga cukup menjanjikan. Modelnya masih Xpander, model lain kemungkinan akan ada," kata Imam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com