Kompas.com - 10/09/2018, 15:42 WIB
Jogjakarta Truck Festival 2018 STANLY RAVELJogjakarta Truck Festival 2018
Penulis Stanly Ravel
|


YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Meski dinilai cukup sukses, namun gelaran Jogjakarta Truck Festival (JTF) sendiri belum tentu akan menjadi ajang tahunan. Menurut Kanjeng Raden mas Tumenggung Indro Kimpling Suseno, ada banyak faktor yang perlu diperhatikan, terutama soal situasi dan kondisi.

"Membuat acara JTF ini tidak mudah, jadi kalau ditanya apakah tahun depan itu akan ada lagi, jawabanya melihat dari animo saat ini juga kondisinya. Karena memang buat acara ini tidak murah," ujar Indro kepada media di Yogyakarta, Minggu (9/9/218).

Walau pada gelaran perdananya JTF cukup mendapat sambutan baik juga dukungan dari pihak pabrikan kendaraan komerisial, tapi hal tersebut tidak cukup tanpa adanya kebersamaan dan kometimen antar pecinta truk.

Baca juga: Upaya Meningkatkan Kualitas Modifikasi Kendaraan Niaga

Menurut Indro, harusnya terjalin kebersamaan dari berbagai pihak untuk membuat acara ini menjadi ajang kebersamaan yang dibangun dengan misi menaikan standar kualitas modifikasi truk. Mulai dari pabrikan, komunitas, dan juga karoseri.

Kontes modifikasi truk JFT sajikan sisi lain dari kendaraan niagaSTANLY RAVEL Kontes modifikasi truk JFT sajikan sisi lain dari kendaraan niaga

"Intinya kami tidak terlalu ambisius dulu, karena melihat dari hasil saat ini dulu. Jujur, bikin acara seperti ini harus gotong-royong, semua harus terlibat kalau tidak yang tidak akan bisa berjalan sendiri," ujar Indro.

Baca juga: Modifikasi Miniatur Truk Ikut Ramaikan JTF 2018

Indro mengatakan sebenarnya sudah mulai banyak masukan dari para komunitas dan pihak karoseri untuk kedepannya dibuat lebih ramai lagi kategori modifikasi. Salah satunya seperti membuka kontes untuk kelas bus dan kategori lain.

Namun salah satu permasalahan untuk menambah kategori adalah keterbatasan lahan. Karena bila mengambil lokasi di Jogja Expo Center (JEC) akan tidak muat bila dimasuki dengan puluhan bus, belum lagi ditambah dengan truk serta kendaraan niaga lainnya yang memiliki dimensi besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.