Khusus MotoGP Inggris, Michelin Sediakan 4 Pilihan Ban

Kompas.com - 23/08/2018, 09:02 WIB
MotoGP Inggris pnya tantangan baru bagi para pebalap. MotoGPMotoGP Inggris pnya tantangan baru bagi para pebalap.
Penulis Stanly Ravel
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pertarungan MotoGP kembali berlanjut di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (26/8/2018). Meski bukan sirkuit baru, tapi untuk pertama kalinya dalam 22 tahun lintasan sepanjang 5,9 km mengalami pengaspalan ulang.

Kondisi tersebut menjadi salah satu kekhawatiran bagi para pebalap selain dari faktor cuaca yang kerap berubah-ubah tak menentu. Bahkan, Michelin sebagai pemasok ban resmi juga memutuskan untuk membawa empat jenis kompon ban dari biasanya hanya tiga jenis.

"Silverstone adalah tantangan besar lainnya bagi kami karena menuju ke trek terlama tahun ini setelah diaspal ulang. Apalagi kami tidak punya kesempatan untuk melakukan pengetesan di sana," ucap Manager Michelin Motorsport Two-Wheel Piero Taramasso, yang dikutip dari MotoGP.com, Rabu (22/8/2018).

Baca juga: Marquez Ungkap Siapa Musuh Berat di GP Inggris

Menurut Piero, Michelin menyediakan tipe ban soft, medium dan dua pilihan tipe hard baik untuk ban depan maupun belakang. Untuk tipe soft, akan memliki desain asimetris dengan bagian kanan yang keras, sedangkan tiga model lainnya simetris.

Karakter lintasan Silverstone yang cepat, 10 tikungan kanan, dan delapan tikungan kiri memeberikan kebutuhan akan desain asimetris karena sisi kanan akan lebih banyak tertekan.

Pilhan ban di MotoGP InggrisMotoGP Pilhan ban di MotoGP Inggris

Menurut Piero, meski diperkirakan cuaca kering, namun dirinya tak mau mengambil risiko bila mendadak hujan turun di Silverstone. Karena itu dia juga menyediakan ban basah depan dan belakang berkompone soft dan medium, dengan desain simeteris pada bagian depan dan asimetris di belakang.

Baca juga: Rossi Mulai Pesimistis

"Kami memiliki data untuk pemilihan kompon yang tepat untuk digunakan pada permukaan aspal baru. Kami dapat memutuskan empat ban depan dan belakang untuk digunakan di Silverstone, dan ini akan memberikan opsi berbeda bagi pebalap sebelum mereka memutuskan untuk memilih ban yang digunakan," ucap Piero.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.