Begini Cara Dapat Motor Lawas Tanpa "Over Price" - Kompas.com

Begini Cara Dapat Motor Lawas Tanpa "Over Price"

Kompas.com - 19/07/2018, 13:51 WIB
Suzuki Satria 120Rwww.pricearea.com Suzuki Satria 120R

DEPOK, KOMPAS.com - Sepeda motor bekas bukanlah motor baru yang punya standar harga yang jelas. Jadi walaupun dengan model dan tahun sama, harga antara satu penjual dan penjual lain bisa saja berbeda.

Contohnya, Suzuki Satria R 120. Ini adalah salah satu motor lawas yang belakangan kembali diburu oleh sebagian penggemar roda dua.

Dalam sebuah gelaran pasar otomotif yang digelar di Jakarta Timur pada April silam, Kompas.com menemukan Satria R 2004 yang dijual dengan harga mencapai Rp 25 juta. Walaupun relatif mahal, saat itu motor tetap laku terjual.

Baca juga: Bebek Lawas Laku Puluhan Juta Rupiah di Parjo 2018

Deretan sepeda motor bebek 2-Tak siap jual yang dipajang saat penyelenggaraan Pasar Jongkok Otomotif 2018 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (7/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan sepeda motor bebek 2-Tak siap jual yang dipajang saat penyelenggaraan Pasar Jongkok Otomotif 2018 di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (7/4/2018).

Sementara itu, di salah satu diler motor bekas di kawasan Gandul, Depok pada Rabu (18/7/2018), Kompas.com menemukan motor Satria R dengan model sama, namun produksi tahun 2003 dijual dibuka pada harga hanya Rp 7 juta. Kondisinya masih mulus dengan surat-suratnya pun masih lengkap. Sang penjual bahkan sempat menghidupkan motor untuk membuktikan kondisi mesin yang masih bagus.

"Memang biasa kalau saya jual Satria segini harganya," ucap penjual yang minta dirahasiakan namanya ini.

Menurut sang penjual, harga motor lawas seperti Satria R memang bisa melonjak berkali-kali lipat saat gelaran pameran. Jadi untuk penggemar yang ngebet namun ingin membeli dengan harga lebih murah, sebaiknya tidak membeli di pameran. Tapi rajin-rajinlah berkeliling mengunjungi diler-diler motor bekas.

"Kalau kayak kita gini sih nyari untungnya tidak banyak," kata dia.

Baca juga: Bebek 2-Tak yang Pernah Jadi Idola ABG 90-an

Suzuki Satria R 120 tahun 2003 yang hanya dijual dengan harga Rp 7 juta di salah satu diler motor belas di kawasan Gandul, Depok, Rabu (18/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Suzuki Satria R 120 tahun 2003 yang hanya dijual dengan harga Rp 7 juta di salah satu diler motor belas di kawasan Gandul, Depok, Rabu (18/7/2018).

Tidak hanya Satria, sulit mengukurnya harga jual juga terjadi pada RX-King. Kondisi inilah yang membuat cukup banyak diler motor bekas yang memilih enggan menjualnya.

"Kadang-kadang ada yang tinggi, ada yang murah. Makanya King banyak, tapi saya tidak mau beli," kata Teming, salah seroang pemilik diler motor bekas di kawasan Sukmajaya, Depok.



Close Ads X