Kompas.com - 20/03/2018, 18:14 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

Jakarta, KOMPAS.com - Sepeda motor bermesin 2-Tak pernah mengalami masa kejayaannya pada era 1990-an. Karena punya tenaga yang mumpuni, motor jenis ini pernah menjadi idola anak muda pada masa itu.

Motor 2-Tak yang menjadi idola anak muda tidak hanya yang berjenis sport. Namun juga bebek. Untuk jenis yang terakhir ini, ada beberapa motor bebek 2-Tak yang pernah menjadi tunggangan idaman anak baru gede (ABG) pada era 90-an. Bebek 2-Tak yang pernah menjadi idola biasanya adalah motor yang menjadi andalan di arena road race.

Kepada Kompas.com, Team Advisor Astra Motor Racing team (ART) Benny Djati Utomo menyebutkan beberapa motor tersebut:

1. Yamaha F1ZR

F1ZR adalah bebek 2-Tak yang pernah menjadi andalan di kejuaraan nasional balap underbone 110cc. F1ZR adalah generasi terakhir dari pendahulunya, Force 1 dan F1Z.

F1ZR dihentikan produksinya oleh Yamaha pada pertengahan era 2000-an. Sebab berdasarkan regulasi emisi gas buang, karbon pada mesin 2-Tak dianggap tidak memenuhi acuan EURO III.

Yamaha F1ZRYamaha Indonesia Yamaha F1ZR

 2. Yamaha 125Z

125Z merupakan produk yang diimpor secara utuh dari Malaysia. 125Z masuk ke Indonesia pada era 2000-an untuk menyasar konsumen berkantong tebal.

Yamaha 125ZYamaha Yamaha 125Z

 

3. Satria 120

Satria merupakan segelintir dari bebek bermesin tegak yang pernah eksis di Indonesia. Seperti F1ZR, bebek berkubikasi 120cc ini juga pernah jadi motor andalan di arena road race. Namun karena kapasitas silindernya nanggung, Satria 120 yang dipakai balap biasanya harus diturunkan cc-nya (bore down) menjadi 110cc, atau dinaikan (bore up) menjadi 125cc.

Suzuki Satria 120Rwww.pricearea.com Suzuki Satria 120R

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.