Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen BMW Masih Bisa Minta Model CBU

Kompas.com - 19/07/2018, 11:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – BMW Indonesia terus mendorong produk-produknya yang dipasarkan di dalam negeri, bisa dirakit secara lokal. Setidaknya saat ini sudah ada Seri 3, Seri 5, Seri 7, lalu model SUV X1, X3, dan X5 yang sudah di naturalisasi.

Sementara model-model seperti Seri 1, Seri 2, Seri 4, Seri 6, X4 dan Seri Performa M statusnya masih completely build-up (CBU) dari luar negeri.

Meski begitu, BMW Indonesia masih membuka pemesanan buat konsumen yang ingin membeli model-model yang sudah dilokalisasi, untuk didatangkan secara CBU. Diakui memang, ada beberapa konsumen yang lebih memilih produk impor.

Baca juga: Generasi Ketiga BMW X3 Resmi Dirakit di Sunter

Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim (kanan) bersama Wakil Direktur Komunikasi Korporat Jodie OTania saat peluncuran All-New BMW 520i di Jakarta, Kamis (18/1/2018). BMW Group Indonesia resmi menghadirkan mobil terbaru di lini BMW seri 5, All-new BMW 520i Luxury Line, yang juga menjadi produk pertama mereka di Indonesia tahun ini.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karen Lim (kanan) bersama Wakil Direktur Komunikasi Korporat Jodie OTania saat peluncuran All-New BMW 520i di Jakarta, Kamis (18/1/2018). BMW Group Indonesia resmi menghadirkan mobil terbaru di lini BMW seri 5, All-new BMW 520i Luxury Line, yang juga menjadi produk pertama mereka di Indonesia tahun ini.

“Kalau kita bicara karakteristik konsumen memang bermacam-macam, bervariasi. Namun juga, itu tidak menjadi masalah karena kami tetap terus tawarkan kendaraan CBU,” ujar Jodie O'tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia, Rabu (18/7/2018).

“Jadi meskipun kami sudah melakukan perakitan lokal, apabila ada konsumen atau pelanggan yang menginginkan kendaraan dengan status impor langsung, termasuk BMW individual, tetap bisa,” kata Jodie.

Namun, Jodie menyampaikan, pihaknya masih melihat terlebih dahulu ketersediaan unitnya, ketika ada konsumen yang menginginkan didatangkan CBU. Pertimbangan lainnya juga adalah lama waktu tunggunya, sampai mobil datang.

“Kami lihat juga stok unit dan juga berapa lama waktunya. Bagi BMW Indonesia sendiri pelanggan adalah nomor satu. Jadi apapun kemauannya, kami upayakan,” tutur Jodie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com