Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Siram Investasi di 2018

Kompas.com - 18/07/2018, 18:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Terus penetrasi di pasar mobil premium di dalam negeri, BMW Group Indonesia konsisten tingkatkan aktivitas produksinya di Indonesia, dengan investasi senilai lebih dari 270 miliar sejak tahun 2011 hingga saat ini.

Tak hanya itu, mereka juga gelontorkan tambahan investasi senilai lebih dari 20 miliar untuk di 2018 ini. Dana tersebut digunakan untuk memodernisasi jalur perakitan, termasuk instalasi peralatan dan perlengkapan mutakhir, rekrutmen tenaga kerja baru, serta transfer teknologi dari para ahli BMW Group Jerman.

Ragam pembaruan dan peningkatan teknologi perangkat produksi dilakukan di tahun 2018 ini seperti perluasan area untuk supermarket dan sub assembly, lalu penambahan area produksi menjadi dua line khususnya area trimming & overhead, serta memperbaharui sistem pengujian kedap air.

Jodie O'tania, Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia mengatakan, sampai saat ini sudah 80 persen model yang dipasarkan di dalam negeri sudah rakitan lokal.

Baca juga: Cerita Hamish Daud Siksa BMW X3 di Bromo

All-new BMW X3 yang diproduksi di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI All-new BMW X3 yang diproduksi di BMW Production Network 2, PT Gaya Motor.

Beberapa model yang sudah dirakit di Tanah Air ada Seri 3, Seri 5, Seri 7, lalu model SUV X1, X3, dan X5. Namun pihak BMW Indonesia juga menyebut akan menambah model yang diproduksi lokal pada 2018 ini, seiring dengan gelotoran dana investasi baru Rp 20 miliar tersebut.

“Modelnya apa tunggu saja karena masih akan kami umumkan, di mana jenisnya cukup populer di Indonesia. Jadi ini merupakan investasi yang sangat strategis, nanti di Agustus kami akan informasikan di tempat yang sama di sini dengan PT Gaya Motor,” ujar Jodie, Rabu (18/7/2018).

“Model yang akan dirakit lokal tersebut sudah masuk hitung-hitungan Rp 20 miliar itu, karena investasi itu saya katakan sampai akhir 2018,” kata Jodie.

Terkait dengan modernisasi jalu perakitan, PT Gaya Motor terus bertukar informasi dengan pakar-pakar BMW dari Jerman untuk menghasilkan kendaraan premium, yang sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia. PT Gaya Motor sudah jadi mitra strategis BMW Group sejak tahun 1994.

“Berbicara mengenai kualitas kendaraan BMW yang diproduksi secara lokal di Indonesia, tim ahli dari Jerman selalu memastikan tiap kendaraan BMW produksi lokal, telah memenuhi standar tinggi laiknya dari fasilitas produksi BMW di belahan dunia lain,” tutur Ary.

“Pabrik Gaya Motor juga secara konsisten telah memenuhi ekspektasi BMW, terbukti dari meningkatnya jumlah model kendaraan BMW Group Indonesia yang dipercayakan kepada kami,” kata Ary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com