Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Hal yang Bikin Datsun Cross Hapus Kesan Mobil Murah

Kompas.com - 19/01/2018, 07:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, Kompas.comDatsun Cross akhirnya keluar dari bayang-bayang yang selama ini menjadi identitas di Indonesia, yakni mobil murah, atau dikenal sebagai LCGC (Low Cost Green Car/ KBH2). Tapi terlepas dari status itu, ada beberapa ciri yang membuat mobil ini jauh dari kesan murah.

KompasOtomotif coba menelusurinya satu persatu, lewat pengamatan pandangan mata usai peluncuran resmi Cross di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, (18/1/2018). Berikut beberapa temuan yang menjadi ciri baru Datsun segmen lebih tinggi:

1. Desain depan. Bagian lampu Datsun Cross sama sekali tidak mencerminkan mobil murah. Lampu utama pakai proyektor, ada DRL, bahkan dari jauh sudah punya identitas, seperti mata elang.

(Baca juga : Datsun Cross Pakai Mesin Mobil Murah)

Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018).Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018).
2. Tarikan rem parkir tak lagi terletak di bawah dasbor seperti GO dan GO+. Datsun memindahnya ke ”posisi yang seharusnya”, yakni di antara jok pengemudi dan penumpang depan, atau tepatnya di bagian tengah konsol.

3. Desain cluster dan dasbor tak lagi ”kosong”. Dasbor Datsun Cross tampak lebih mewah, terlihat dari ciri khas garis heksagonal untuk mengelilingi bagian kontrol panel dan head unit dengan layar sentuh.

4. Pilar-pilar di dalam kabin sudah ditutup dengan peredam. Berbeda dengan GO dan GO+, di mana pilar dibiarkan terbuka dan tampak tulang atau bodinya. Peredam ini pula yang membuat Cross diklaim jauh lebih kedap di dalam.

5. Built quality secara keseluruhan, terutama bagian interior. Material door trim dan dasbor lebih baik, dan dikerjakan dengan finisihing yang lebih rapi.

Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018). Tidak ada peredam di bawah kap mesin.Febri Ardani/KompasOtomotif Datsun Cross resmi diperkenalkan untuk dunia, di Jakarta, Kamis (18/1/2018). Tidak ada peredam di bawah kap mesin.
6. Body kit dan roof rail, ala-ala SUV. Penambahan bagian ini membuat mobil berkesan lebih gagah dan kekar, alias tak seperti ”kaleng”. Roof rail juga tebal, tampak serius dipersiapkan untuk kebutuhan penambahan barang bawaan di atap jika diperlukan.

(Baca juga : Ini Harga Datsun Cross dan Fitur Unggulannya)

7. Tidak ada engkol untuk menaik-turunkan kaca. Biasanya, mobil murah identik dengan kaca engkol. Datsun Cross sudah meninggalkannya di semua bagian pintu.

8. CVT. Terakhir dan paling penting, Cross menerapkan transmisi CVT, ketimbang otomatis konvensional. Jenis ini biasa terdapat pada mobil-mobil minimal kelas menengah.

Datsun Cross akan punya beberapa varian yang belum diumumkan oleh PT Nissan Motor Indonesia. Harga akan dipatok mulai Rp 163 juta untuk tipe termurah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com