Kompas.com - 20/11/2017, 08:03 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|
EditorAgung Kurniawan
Jakarta, KompasOtomotif - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan sepeda motor produk terbarunya, W175 di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (18/11/2017). Sepeda motor sport ini terbilang unik, karena punya desain klasik dan kategori mesin 177cc, berbeda dari merek Jepang lain yang memilih 150cc.
 
Pihak KMI menyatakan, W175 akan menjadi pilihan baru bagi konsumen, terutama penggemar motor klasik.
  
"Produk kami ini merupakan produk dengan segmen baru di kelasnya," kata Wakil Kepala Divisi Sales dan Promosi KMI Michael Chandra Tanadhi di saat peluncuran.
 
Kawasaki mengklaim, W175 merupakan sepeda motor sport entry level, dengan desain retro pertama yang dipasarkan resmi oleh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia. Kehadirannya melanjutkan tradisi KMI sebagai pioner di segmen khusus di pasar Tanah Air.
 
 
Kawasaki Ninja 250R generasi pertamaKawasaki Motor Indonesia Kawasaki Ninja 250R generasi pertama
 
Sebelum kehadiran W175, Kawasaki sudah berapa kali melakukan strategi sama. Bila acuannya motor-motor bermesin 4 tak, Kawasaki sempat setia dengan Ninja 2-tak. Selain itu, merek ini juga menjadi yang pertama memasarkan trail entry level, dengan KLX150.
 
Jangan lupa, Kawasaki juga jadi merek pertama yang memasarkan sepeda motor sport full fairing NinjaR, bermesin (NinjaR) 250cc, pada 2008. "Seperti tagline di Kawasaki Bike Week ini, kami selalu menjadi pioner di beberapa segmen motor," kata Michael.
 
 
Kini, di pasar Ninja 250 sudah memiliki dua produk pesaing, Yamaha R25 dan Honda CBR250RR. Namun, data dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) menyebutkan selama Januari-Oktober 2017, penjualan Ninja250 masih yang tertinggi dengan 7.100 unit.
 

Kawasaki KLX 150 BF warna baru.KMI Kawasaki KLX 150 BF warna baru.

Sementara di kelas trail, KLX150 akhirnya mendapat tantangan dari Honda CRF150F yang meluncur, pekan lalu (8/11/2017). Sebelumnya, Kawasaki menikmati ceruk pasar trail entry level sendiri, dengan rata-rata penjualan 2.000-an unit per bulan.

Sedangkan untuk W175, KMI menargetkan penjualan sebanyak 12.000 unit per tahun atau 1.000 unit per bulan. W175 ini akan mulai dikirim ke konsumen mulai 20 November 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.