Laporan Langsung dari Tokyo, Jepang

Kapan Produk Aliansi Mitsubishi Nissan Renault Terasa di Indonesia?

Kompas.com - 01/11/2017, 17:42 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sudah menjadi bagian dalam aliansi Renault Nissan dan berencana untuk menghadirkan beragam kendaraan hingga 2020 nanti. Lantas kapan produk hasil aliansi ini dapat dinikmati oleh konsumen mereka, terutama di Indonesia.

Indonesia jadi negara basis produksi Mitsubishi setelah mereka meresmikan pabrik di Cikarang pada awal tahun ini. Dari pabrik tersebut lahir beberapa model untuk di pasarkan di dalam negeri maupun ke luar.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Osamu Masuko, Chief Executive Officer MMC, memberikan kepastian di sela pertemuan dengan media dari Indonesia di ajang Tokyo Motor Show 2017 beberapa waktu lalu.

Baca : Impresi Pertama Jajal Mitsubishi Eclipse Cross

"Pasar Indonesia, saya bicara keseluruhan, akan efektif merasakan produk hasil aliansi di 2020. Dengan dukungan pabrik baru untuk memproduksi Xpander, dampaknya terasa nanti setelah 2020," ucap Osamu.

Nantinya, produk aliansi akan saling berbagi paltform dan juga mesin. Penggambarannya bagian cokcpit kendaraan, mesin, komponen kelistrikan, dan penggerak bagian depan serta belakang dapat saling digunakan.

Sebanyak 70 persen bagian masuk dalam skema sharing platform dan 100 persen bagian untuk kendaraan listrik dapat saling digunakan. Beragam kemungkinan dapat terjadi dengan produk-produk Nissan, Mitsubishi dan Renault.

"Kami berjanji untuk membuat produk yang benar-benar baru. Ini tentunya akan menjadi keunggulan kami di masa depan, bersama dengan aliansi," ungkap Osamu.

Mitsubishi telah mengungkapkan strategi mereka untuk dapat menghadirkan 11 produk kendaraan yang terdiri dari enam model benar-benar baru dan lima model penyegaran, serta berkonsentrasi pada model SUV. Xpander dan Eclipse Cross termasuk di dalam enam model benar-benar baru tersebut.

Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.MMC Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.

Baca : Rasakan Sensasi Motor Listrik Outlander PHEV

Osamu juga menambahkan, produk masa depan nantinya juga akan saling menguatkan dalam bidang teknologi. Contohnya sistem autonomous driving yang akan menjadi target Mitsubishi untuk produknya di masa depan.

Aliansi Renault Nissan Mitsubishi sendiri menargetkan pada 2022 akan menghadirkan 12 model kendaraan listrik baru. Ini termasuk dua model kendaraan listrik Mitsubishi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.