Lima Jurus Berkendara Kala Hujan Ala Chevrolet

Kompas.com - 07/10/2017, 13:02 WIB
Chevrolet Trailblazer menerabas jalan becek. Sattaphan KanthaChevrolet Trailblazer menerabas jalan becek.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Sesuai perputarannya, wilayah Indonesia nampaknya mulai masuk musim penghujan, meskipun turunnya masih belum menentu. Bagi yang aktivitasnya kerap menggunakan mobil, tak ada salahnya bersiap kalau tiba-tiba ditengah jalan diguyur hujan.

Bukan hanya soal skill berkendara, persiapan musim hujan juga terkait performa kendaraan sendiri, demi menjaga keselamatan dan keamanan di jalan. Coba mengingatkan perihal keamanan tersebut, Chevrolet Indonesia menyodorkan bekal panduan, agar berkendara bisa lebih aman.

“Berkendara saat hujan memerlukan perhatian yang lebih, khususnya kesiapan kendaraan dalam melewati jalanan licin dan banjir. Kami menyarankan memeriksa kendaraan untuk memastikan mobil dalam keadaan aman saat dipakai,” ujar Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director GM Indonesia dalam siaran resminya, Sabtu (6/10/2017).

Berikut enam jurus lengkapnya.

Pertama, standar check-up pada kendaraan, termasuk wiper, tekanan ban, oli, mesin, baterai dan lampu. Bahan bakar dalam kondisi penuh sangat diperlukan, sebelum bepergian jauh.

Baca juga :  "Ngabuburit" Sambil Menjajal Chevrolet Spark

Kedua, rencanakan rute sebelum bepergian, terlebih saat menuju daerah yang jarang atau belum pernah dikunjungi. Perasaan tersesat akan menimbulkan kebingungan dan menganggu konsentrasi.

Lebih lagi, potensi cuaca dan jarak pandang yang buruk membutuhkan kemampuan mengemudi ekstra hati-hati. “Di Chevrolet sendiri ada fitur MyLink, bisa digunakan untuk screen mirroring dan memindahkan tampilan peta digital demi kenyamanan ekstra,” ujar Yuniadi.

Ketiga, gunakan gigi rendah ketika menghadapi jalan menanjak, atau turunan yang curam dan licin. Teknik itu memudahkan mesin untuk melakukan pengereman, sebelum mencapai tikungan curam, serta membantu mengontrol kecepatan kendaraan, dan membuat rem bertahan lebih lama.

Keempat, pastikan kendaraan pada kondisi yang baik, terutama pada bagian mesin. Pada kondisi jalan berbukit, mobil dengan torsi besar akan lebih andal dalam menaklukan medan.

Kelima, penting untuk melatih kesabaran. Walaupun saat ini bukan puncak musim liburan, pengemudi harus dapat mengantisipasi terjadinya kemacetan. Hindari menyusul kendaraan lain ketika tidak bisa melihat jalan di depan, apalagi saat kondisi hujan, seperti pada tikungan, jembatan, bukit, dan lereng gunung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.