Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geely China Akhirnya Akuisisi Proton Malaysia

Kompas.com - 24/05/2017, 16:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Setelah sebelumnya dikabarkan mengundurkan diri sebagai penawar saham Proton, merek mobil China Geely kali ini dikabarkan sudah setuju membeli merek Malaysia ini dan mengalahkan pesaing PSA Group, seperti dikabarkan Reuters, Rabu (24/5/2017).

Sumber Reuters mengatakan, Zhejiang Geely Holding Group, induk Geely Automobile yang berbasis di Hong Kong dan Volvo Car Group Swedia, akan mengakuisisi 49 persen Proton, juga memiliki merek mobil sport asal Inggris Lotus.

Juru bicara DRB-Hicom (pemegang saham terbesar Proton) masih belum bisa dihubungi untuk memberikan komentar terkait kabar ini. Mereka juga sebelumnya meminta agar perdagangan sahamnya dihentikan sementara, sambil menunggu pengumuman.

Baca juga : Geely Dikabarkan "Mundur Teratur" Beli Proton

Proton, yang didirikan pada tahun 1983 oleh mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad, menerima bantuan pemerintah sebesar 1,5 miliar ringgit atau Rp 4,6 miliar tahun lalu, dengan salah satu syaratnya mencari mitra asing.

Beberapa penawar asing potensial yang datang di antaranya PSA, produsen mobil Peugeot dan Citroen yang berbasis di Paris, kemudian ada juga Renault dan Suzuki Motor Jepang, baru selanjutnya datang Geely yang akhirnya memenangkan penawaran.

Investasi Geely, akan membantu Proton meningkatkan penjualannya di luar negeri dan memulihkan eksistensi global yang telah hilang dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi milik Geely yang ditawarkan, diharap bisa mengangkat penjualan Proton di pasar right hand-drive (mobil setir kanan) termasuk Malaysia, Inggris Raya, India dan Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com