Transmisi AGS Suzuki Ignis Terasa Bedanya

Kompas.com - 30/04/2017, 13:15 WIB
Sensasi Berkendara Suzuki Ignis AGS Stanly/KompasOtomotifSensasi Berkendara Suzuki Ignis AGS
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif -Suzuki Indomobil Sales meluncurkan Ignis, varian termewahnya, adalah dengan transmisi auto gear shift (AGS). Sistem ini sama seperti yang digunakan pada mobil murah, Karimun Wagon R, yang selama ini dianggap lemot. Lantas, bagaimana performanya pada Ignis?

Suzuki mengklaim, selain mesin, sistem auto gear shift (AGS) pada Ignis juga sudah mendapat pengembangan. Perbaikan ini membuat perpindahan gigi serta lajunya tidak lagi seberat AGS pada Wagon R.

Donny Saputra, 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS), menjelaskan secara keseluruhan baik mesin dan sistem transmisi pada Ignis semuanya sudah mendapat pembaruan.

"Mesin seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, sedangkan sistem transmisi memang ada pengembangan dengan memasang blok baru pada bagian tengah. Hal ini bisa dirasakan saat mencoba mengendarainya, tidak bisa hanya dijelaskan saja," ujar Donny saat berbincang dengan KompasOtomotif di Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Baca : Suzuki Ignis Buka "Modal Tampang" Saja

Menurut Donny, secara akselerasi Ignis AGS lebih responsif dibandingkan versi AGS pada Wagon R. Gejala lambat dan sendatan pada putaran bawah pun juga sudah diredam, sehingga membuat laju awalnya sudah terkoreksi.

Namun secara keseluruhan bukan hanya karena penambahan pada blok di gearbox AGS atau pengembangan mesin yang dulunya digunakan pada Splash saja, adaya beberapa fitur baru juga ikut menunjang sisi responsif dari Ignis. Contohnya adalah penggunaan platform baru yang memiliki bobot lebih ringan.

Baca : Transmisi AGS pada Ignis Berbeda dengan Wagon R


"Penambahan blok pada transmisi hanya salah satu saja, yang kedua karena Ignis menggunakan Heartect. Ini merupakam platform baru berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel. Secara bobot beratnya lebih ringgan 30 kilogram dibandingkan pada Wagon R," papar Donny.

Saat menjajalnya pada media test drive beberapa waktu lalu memang, tarikan bawah Ignis AGS memang lebih sigap dibangingkan sistem AGS pada Wagon R. Menariknya, dengan desain mini sport utility vehicle (SUV) Ignis memiliki radius putar yang kecil sehingga lincah untuk digunakan dalam kota.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X