Transmisi AGS pada Ignis Beda dengan Wagon R

Kompas.com - 12/04/2017, 17:42 WIB
Tuas Transmisi Suzuki Ignis Aditya Maulana - OtomaniaTuas Transmisi Suzuki Ignis
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Suzuki Ignis sesaat lagi akan resmi diluncurkan oleh Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta. Mobil yang bermain di segmen city car ini akan hadir dengan dua pilihan transmisi, manual lima percepatan dan automatic manual transmission atau akrab di sebuat AMT.

Meski sistem pengoprasiannya sama dengan auto gear shift (AGS) milik Karimun Wagon R, namun secara teknis AMT pada Ignis diklaim sudah mendapat pengembangan.

Riecky Patrayudha, Assisten to Departemen Head Service SIS, mengatakan, transmisi AMT pada Ignis merupakan generasi kedua yang sudah banyak mendapat pengembangan.

"Beda dengan AGS, AMT jauh lebih smooth arahnya sudah seperti transmisi otomatis. Untuk membedakannya memang harus merasakan langsung," ucap Riecky kepada KompasOtomotif di Tangerang, Selasa (11/4/2017).

Pengembangan yang dilakukan pada sistem transmisi ada kaitannya dengan mesin yang digunakan. Menurut Riecky, Suzuki memberikan penambahan blok baru sebagai konfigurasi untuk sistem transmisi AMT pada Ignis.

Stanly/KompasOtomotif Suzuki Ignis siap meluncur di Indonesia sesaat lagi.

Hasilnya membuat perpindahan gigi lebih baik, serta menghilangkan gejala sendat pada putaran bawah yang dulu kerap ditemui pada AGS di Wagon R.

"Kalau AGS itu hanya dua blok kita satukan, nah di AMT ada tambahan blok di sisi tengah untuk sistem konfigurasinya. Gejala sendat saat baru menekan gas sudah lumayan hilang, putaran bawah juga lebih responsif karena mesin juga ikut dikembangkan, dari punya Splash dengan seri K12B," kata Riecky.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.