Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ignis Bukan "Modal Tampang" Saja

Kompas.com - 26/04/2017, 14:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Datang sebagai pemain baru, Suzuki Ignis ternyata menyimpan potensi yang cukup besar untuk bersaing di segmen mobil kota. Selain dari eksterior yang menjadi nilai jual, upgrade performa pada mesin K12M yang dulunya digunakan Splash juga patut menjadi perhatian.

Baca : Fakta Unik pada Suzuki Ignis

Dony Saputra, 4W Marketing Director Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan pihaknya melakukan pengembangan yang cukup besar pada mesin Splash agar bisa sempurna saat digunakan Ignis.

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Suzuki Ignis dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang.

"Tidak langsung pasang ke Ignis, artinya kita kembangkan lagi mesin K12M dari Splash. Apa yang kita lakukan itu bukti continues improvement, dan banyak sekali ubahan yang kita lakukan di dalamnya agar mesin tersebut benar-benar maksimal," ucap Dony saat berbincang dengan KompasOtomotif, Selasa (25/4/2017).

Pengembangannya, lanjut Dony, secara engine desain kita ada pada low friction atau mereduksi gesekan. Setelah itu bagaimana caranya untuk mendistribusi panas di mesin, kita improve pada sektor pendingin agar panas di mesin bisa ditekan.

Stanly/KompasOtomotif Mesin Suzuki Ignis berkapasitas 1.200 cc

"Jadi efek dari kompresi besar, kinerja mesin dengan pembakaran yang lebih sempurna access adalah panas. Kita fokus bagaimana mereduksi panas tersebut dengan cara mengembangkan tingkat pendiginan. Caranya dengan menekan adanya gesekan melalui desain silinder head dan sebagainya. Lalu yang kedua mesin kita ringankan secara bobot dengan materialnya, lalu pendinginan di water jacket, coolant jacket kita besarkan," kata Dony.

Baca : Suzuki Peringatkan Konsumen Beli Audio "Aftermarket" Ignis

Secara material, mesin K12M yang saat ini digunakan Ignis memang lebih ringan menggunakan alumunium. Dengan kubikasi mesin 1.200 cc, mesin ini mampu menyuplai tenaga maksimal ke roda depan sebesar 83 Ps pada rpm 6.000 dan torsi mencapai 113 Nm di 4.200 rp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com