Mengapa Honda Mobilio Sulit "100 Persen Lokal"

Kompas.com - 02/02/2017, 11:01 WIB
New Honda Mobilio RS Stanly/KompasOtomotifNew Honda Mobilio RS
|
EditorAgung Kurniawan


Denpasar, KompasOtomotif
- Mobilio yang saat ini diproduksi Honda Prospect Motor (HPM) memiliki kandungan lokal 85 persen. Produktivitas pabrik di Karawang Timur, Bekasi, Jawa Barat, bisa digolongkan hampir maksimal.

"Barang yang belum bisa kita produksi sendiri (lokal) adalah sistem kelistrikan (wiring). Kita terus mendorong vendor lokal untuk bisa memproduksi komponen tersebut. Saat ini kammi masih mengimpor dari Jepang dan Thailand," kata Presiden Direktur HPM Tomoki Uchida, di sela-sela acara test drive Mobilio di Bali, (1/2/2017).
 
Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy menguraikan ada beberapa syarat vendor bisa ikut memasok komponen. "Terpenting adalah memenuhi kualitas yang kami butuhkan. Lalu, akan dilakukan pengetesan oleh Honda Jepang," ujar Jonfis dalam kesempatan berbeda.
 
Lantas jika sudah 100 persen apakah harga jual akan turun? "Harga turun sih tidak, hanya saja kami akan menaikkan spek tanpa harus membuat harga melambung dan makin kompetitif," kata Jonfis.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X