Polisi Manfaatkan Kamera Kawal Aturan "Ganjil Genap"

Kompas.com - 02/07/2016, 03:32 WIB
Kemacetan lalu lintas di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan,  Senin (17/12/2012). Sejumlah kalangan berharap agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbaiki transportasi massal sebelum menerapkan kebijakan ganjil-genap. KOMPAS/WISNU WIDIANTOROKemacetan lalu lintas di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/12/2012). Sejumlah kalangan berharap agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperbaiki transportasi massal sebelum menerapkan kebijakan ganjil-genap.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Uji coba aturan kendaraan nomor polisi ganjil-genap mulai dilaksanakan  20 Juli - 20 Agustus 2016. Penerapan aturan dilakukan di ruas jalan yang dulunya menjadi wilayah “three in one”.

Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Analis Kebijakan Madya Bidang Dikmas Korlantas Polri, mengatakan, pihaknya siap untuk melakukan pengawalan terhadap aturan tersebut di lapangan. Mulai dari pengawasan langsung dengan pandangan mata, hingga menggunakan kamera.

“Untuk permulaan memang kami masih mengerahkan petugas untuk turun langsung. Kemudian nantinya kami akan pasang kamera di beberapa titik di lokasi pemberlakuan aturan ganjil-genap,” ujar Unggul, Jumat (1/7/2016).

Unggul melanjutkan, pengembangan akan terus dilakukan pihak kepolisian, untuk terus meningkatkan pengawasan tentunya. “Sebanyak itu kendaraan, bayangkan bagaimana cara mengawasinya? Jadi kami akan terus melakukan improvisasi secara berkelanjutan,” ujar Unggul.

Efek Penindakan

Unggul menambahkan, macet bisa jadi salah satu efek yang ditimbulkan dari penindakan, khususnya pada awal-awal penerapan aturan. Pihaknnya akan berupaya sebaik mungkin memperkecil kemungkinan tersebut.

“Suatu kebijakan memang pada awalnya akan berjalan kurang lancar, tetapi kami akan coba memperkecil efek dari penindakan yang akan meimbulkan macet, dan secara bertahap, lama-kelamaan akan kembali lancar,” kata Unggul.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X