Honda Sonic 150R Diklaim Aman "Minum" Premium

Kompas.com - 06/08/2015, 18:23 WIB
Honda New Sonic 150R menjadi andalan Honda terbaru. KompasOtomotif-donny aprilianandaHonda New Sonic 150R menjadi andalan Honda terbaru.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Honda New Sonic 150R yang baru saja diluncurkan PT Astra Honda Motor, Rabu (5/8/2015), menggendong mesin DOHC generasi terbaru dengan rasio kompresi yang tinggi 11,3:1. Idealnya, jika mengacu pada perhitungan ahli yang sudah pernah KompasOtomotif bahas, si ayam jago Honda lebih cocok menggunakan bensin RON 95.

Apa kata Honda? Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM) Johannes Loman usai peluncuran berusaha meyakinkan bahwa semua sepeda motor yang diproduksi AHM sudah lulus pengetesan menggunakan semua bahan bakar apa pun yang dijual di Indonesia.

”Semua sepeda motor sudah dites dan cocok menggunakan semua bahan bakar yang dipasarkan di Indonesa. Pengetesan menggunakan Premium, yang artinya otomatis sepeda motor bisa menggunakan bahan bakar apa saja,” kata Loman.

Ditambahkan, bahwa semua kendaraan atau mesin, menggunakan bahan jenis apa pun, tidak akan mengganggu usia dan daya tahan mesin sepeda motor Honda. Dengan kata lain, Loman ingin menyatakan bahwa mesin tetap aman.

”Sifatnya hanya berpengaruh pada performa. Semakin baik kualitas bahan bakar, performa tentu akan semakin baik, begitu juga dengan fuel consumption,”ujar Loman.

Kendati demikian, jika konsumen New Sonic 150R ingin mendapatkan performa seperti yang tertulis pada spesifikasi, hendaknya konsumen menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan kriteria mesin, dalam hal ini, rasio kompresi.

Memang tidak akan ada masalah pada mesin, namun performa akan berkurang dan ruang bakar dipastikan lebih cepat kotor jika pakai bahan bakar dengan oktan yang kurang sesuai.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X