Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Persiapan Kompetisi Khusus Mesin Diesel

Kompas.com - 12/01/2015, 14:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ide menggelar balapan khusus mobil bermesin diesel yang dicetuskan Sarana Media Nusantara (SMN) untuk Kejuaraan Nasional “PERTAMINA Indonesia eXtreme Offroad Racing (Kejurnas PERTAMINA IXOR) 2015, ternyata mendapatkan banyak respon dari kalangan pecinta off-road Indonesia.

Para peserta tengah bersiap, salah satu rumah modifikasi yang “kebanjiran” proyek adalah DSS Motorsport. Pada kompetisi tahun lalu, Isuzu D-Max hasil racikan DSS diakui mampu bersaing dengan kendaraan non diesel di lintasan yang sama.

Punggawa DSS Dana K mengatakan telah menerima pesanan untuk menggarap tiga pikap kabin ganda diesel. “Salah satunya adalah Mitsubishi Triton Double-Cabin yang dikirimkan dari bengkel RFT Motorsport untuk dipersiakan mengikuti ajang IXOR, dan juga 1 kendaraan Isuzu D-Max milik Adwitya Amandio (Dio), Juara Drifter Indonesia, Amerika dan Jepang, yang juga dipersiapkan untuk mengikuti ajang IXOR,” ungkap Dana via keterangan resmi dari SMN, Senin (12/1/2015).

Rencananya Diesel Race akan dibagi menjadi dua kelas, Semi-Modifikasi dan Full-Modifikasi. Draft peraturan telah diserahkan, kini hanya tinggal menunggu realisasi Ikatan Motor Indonesia (IMI).

“Kami dari SMN sangat mendukung adanya Diesel Race tersebut dan kami juga turut mengirimkan Toyota HI-LUX untuk dimodifikasi menjadi kelas Semi-Modifikasi pada Group Diesel di Kejurnas PERTAMINA IXOR 2015. Kami masih melakukan diskusi dengan beberapa calon pebalapnya,” ujar Andhi Satria selaku Direktur Media & Sponsorship SMN.

SMN juga membeberkan, kesempatan bertanding di Diesel Race memicu rumah modifikasi lainnya untuk terlibat, di antaranya Fadworks dan Rev Engineering. Mengelompokan mobil diesel dalam satu kompetisi bertujuan untuk menawarkan alternatif kendaraan buat pebalap sekaligus meningkatkan keterlibatan komunitas, pemodifikasi, serta Agen Tunggal Pemegang Merek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com