Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balapan “Off-road” Khusus Mesin Diesel Digelar Tahun Depan

Kompas.com - 20/11/2014, 16:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kelas khusus Double-Cab Exhibition untuk mobil off-road bermesin diesel yang digelar di seri kelima Indonesia eXtreme Offroad Racing (IXOR) 8-9 September lalu ternyata mendapatkan animo besar dari penggiat balap Tanah Air. Sebab itu Sarana Media Nusantara (SMN) selaku penyelenggara mengatakan telah sepakat untuk menggelar Group Diesel di IXOR 2015 yang akan dilangsungkan 7 Putaran.

“Diharapkan dengan adanya Diesel Race 2015, akan menjadi alternatif kendaraan bagi para penggemar balap off-road untuk turut serta merasakan serunya ajang balap di lintasan tanah. Kelasnya direncanakan dibagai dua, yaitu Semi-Modifikasi dan Full-Modifikasi. Kami sudah mengajukan rancangan peraturan untuk kelas ini kepada pihak IMI,” ujar Direktur Utama SMN Hariono H dalam keterangan resminya, Kamis (20/11/2014).

Pengembangan kemampuan mobil balap akan dibatasi agar biaya modifikasi dapat ditekan untuk membuka peluang buat pemula. SMN ingin menciptakan kelas balap yang kompetitif antara pemula dan pebalap berpengalaman. Beberapa ketentuan untuk partisipasi adalah mobil memiliki bentuk bodi pikap, pikap kabin ganda, atau SUV, serta memiliki mesin diesel 4-silinder.

Kelas balap diesel pikap kabin ganda diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, inovasi ini juga bertujuan mengajak para produsen kendaraan mendukung para pebalap dalam negeri.

Pada Double-Cab Exhibition yang digelar tahun ini diikuti dua unit Isuzu D-Max dari tim DSS, Mitsubishi Triton dari BBAC, dan 1 Toyota Hi-Lux dari 7Saudara Motorsport. Sementara untuk Diesel Race 2015 SMN mengatakan telah mengantongi konfirmasi keikutsertaan 10 kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com