Jeep Wrangler Makin Ramah Lingkungan

Kompas.com - 06/07/2014, 12:20 WIB
Jeep Wrangler Brute kabin ganda Febri ArdaniJeep Wrangler Brute kabin ganda
|
EditorAris F. Harvenda

Chelsea, KompasOtomotif – Jeep berencana membuat generasi terbaru Wrangler lebih ramah lingkungan tanpa harus kehilangan kemampuan off-road. Desain anyar itu bakal keluar pada 2017 dengan banyak pengembangan pada sasis kerangka (body on frame), mesin, transmisi, dan bodi.

Salah satu faktor utama yang harus dikejar adalah “diet ketat”. Michael Manley, Presiden dan CEO Jeep mengungkapkan, para insinyur dari grup indukan, Chrysler, tengah mengolah terapan baru memakai material lebih ringan. Fokus utama pada efisiensi bahan bakar.

Secara keseluruhan, hasil tes efisiensi Wrangler 2-pintu dan Wrangler Unlimited 4-pintu adalah 7,65 kpl, kombinasi dalam dan luar kota. Hasil sekitar itu juga didapat versi transmisi 5-percepatan A/T atau 6-percepatan M/T.

“Anda akan melihat pengembangan lanjutan dalam hal paket tenaga penggerak. Kami punya banyak ahli yang sedang mengerjakan hal tersebut,” ujar Manley saat berbincang dengan Automotive News, Sabtu (5/7/2014).

Keuntungan
Bos grup Chrysler, Sergio Marchionne, pernah menyampaikan Mei lalu bahwa Wrangler adalah model yang paling banyak mendapatkan keuntungan dari bodi berbahan alumunium. Saat ini Wrangler memiliki pilihan mesin bensin V6 3.6 liter Pentastar dan diesel 2.8 liter turbo. Bila bobot semakin ringan, kemungkinan menempatkan mesin lebih kecil di dalam kap semakin realistis.

Sebenarnya ada pilihan menyematkan transmisi otomatis 8-percepatan milik Chrysler.  Namun tidak bisa terlaksana, Manley menjelaskan transmisi itu tidak kompatibel buat Wrangler.

Manley mengatakan, hal yang salah bila mengira Wrangler harus di desain khusus buat melibas medan berat. Di masa depan, sistem penggerak 4X4 miliknya harus bisa bersaing dengan rival yang lebih jinak dengan 4X2. Manley sangat yakin dengan hal ini, strategi baru telh dipersiapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Anda tidak bisa menjual lebih dari 19.000 unit (hasil penjualan Wrangler pada Mei) cuma kepada konsumen yang ingin off-road. Satu hal yang tidak akan kami lakukan adalah melucuti apa tujuan Wrangler dibuat,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.