Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kesatria" Penggaruk Tanah buat Pangeran KSNusa

Kompas.com - 08/04/2014, 19:50 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Bengkel spesialis mobil jip dan off-road, Khatulistiwa Suryanusa (KSNusa), tengah bersiap menghadapi Kejuaraan Nasional Speed Off-road 2014, di Sirkuit Paramount-Gading Serpong, Tangerang, 19-20 April 2014. Salah satu "kesatria" penggaruk tanah andalan adalah Jeep Wrangler YJ, yang akan ditunggangi Rifky Bachrie, yang merupakan anak punggawa KSNusa, Kemal Bachrie.

Ovi Sardjan, tuner KSNusa, menjelaskan, mobil tersebut benar-benar powerfull di segala lini. Artinya setiap garapan modifikasi yang dikerjakan mengejar kemampuan maksimal.

Febri Ardani Kondisi mesin.

“Sebenarnya mobil ini penjajakan Rifky memasuki kancah speed off-road, jadi memang kita buat ‘lebih’ agar bisa terdepan. Sudah banyak perubahan, mesin 6-silinder segaris semua jeroan custom. Double throttle, engine management pakai Haltech PS 2000 agar gejala lag hilang, flat shift, dan engine protection,” ujar Ovi saat ditemui di markas KSNusa, Jakarta Pusat, Selasa (8/4/2014).

Febri Ardani Ruang kabin

Saat balapan, proses perpindahan posisi gigi sangat penting. Terutama agar tenaga tetap berada di area maksimal. Penggunaan gearbox yang tepat bisa bisa memangkas waktu sekian detik agar lebih kompetitif. Kendati belum tipe sekuensial, Ovi mengatakan, girbok AX15 merek PPG yang dipesan dari Australia sudah cukup meladeni total kekuatan 185 PS.

“Ada 5-percepatan, memudahkan perpindahan transmisi dalam segala kondisi, itu sudah lebih dari cukup mengingat Rifky belum bisa disejajarkan dengan Rifat Sungkar,” ungkapnya lagi.

Meski diplot buat new comer, bukan berarti ubahan ala kadarnya. Ovi berani berargumen mobil ini melebihi spesifikasi kontestan lain. "Saya tidak mau beberkan detail, itu rahasia perusahaan," kelakar Ovi. 

Febri Ardani Kondisi kaki-kaki.

Target
“Minimal menambah pengalaman, dia kan baru sekitar 2,5 tahun ikutan off-road. Pengembangan di mobil sudah lebih dari cukup. Tujuannya mencari potensi maksimal dari mesin, Kalau bisa memang dapat 200 PS. Transmisi kemarin pakai syncronise tapi masih masalah, sekarang baru,” tutupnya. 

Febri Ardani Jeep Wrangler YJ KSNusa
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com