Pemakai Sport 250cc Hampir Pasti ”Buang” Ban Standar

Kompas.com - 05/06/2014, 13:42 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Mayoritas pengguna sepeda motor sport 250cc berkeinginan untuk mengganti ban standar dengan tipe yang berperforma lebih tinggi. Minimal untuk berpenampilan lebih menarik dengan ukuran lebih besar. Meski ban OEM (bawaan) sudah diukur produsen untuk menyesuaikan dengan performa mesin dan stabilitas.

Kenyataan itu dirasakan Michelin Indonesia, yang akhirnya terjun ke pasar ban sepeda motor sport 250cc dengan meluncurkan Pilot Power 3, di Jakarta, (4/6/2014). Head of Marketing & Sales 2-Wheels Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng, mengatakan bahwa mayoritas konsumen di segmen tersebut menginginkan sesuatu yang lebih.

”Kelas ini (250cc) bukan seperti kelas daily user. Rata-rata sudah melihat soal teknologi dan penampilan di urutan pertama. Soal uang atau harga nomor dua. Kami melihatnya pengguna sepeda motor di kelas 250cc ke atas relatif ingin mengganti ban,” jelas Bayu.

Gengsi dan performa
Performa sepeda motor yang cukup besar, mendorong konsumen sport 250cc membeli ban baru guna mendongkrak penampilan, selain mendongkrak performa. Padahal, ban standar sendiri sudah cukup mumpuni karena pasti sudah diukur kapabilitasnya. ”Kembali lagi soal gengsi dan penampilan. Mereka di kelas ini mengerti betul soal teknologi,” imbuh Bayu.

Alasan adalah salah satu peranti yang berpotensi besar untuk diganti adalah performa. Dijelaskan, hampir semua konsumen di kelas ini akan mendongkrak performa dari beberapa sudut dengan menambah peranti balap atau memperbaiki kinerja mesin. Ban yang mendukung performa baru akan dibutuhkan.

Apalagi, saat ini sedang tren sepeda motor 250cc diuji coba di sirkuit. Bukan balapan, tapi lebih ke arah uji coba pribadi, untuk merasakan performa sesungguhnya sepeda motor lewat acara ”Track Days”. Mau tak mau, jika merasa kurang percaya diri dan tidak puas dengan ban standar, pengguna sport 250cc akan mengganti ban yang sanggup diajak meliuk-liuk di sirkuit.

Itulah sebabnya, kata Bayu, Michelin Pilot Power 3 juga bisa dipakai di sirkuit karena penggunaan teknologi 4 kompon, meski fungsi utama mengoptimalkan penggunaan harian dan touring.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.