Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Makin Serius Geluti Industri Otomotif

Kompas.com - 06/03/2014, 11:31 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Shanghai, KompasOtomotif - EcoMotors, produsen mesin milik Bill Gates dan Vinod Khosla berbasis di Michigan, Amerika Serikat menggandeng mitra bisnis baru di China, First Auto Works (FAW).  Bill Gates yang selama ini dikenal sebagai pemilik Microsoft semakin serius terjun di dunia otomotif dengan kesepakatan ini.

Melalui anak perusahaan FAW, First Auto Works Jingye Engine Company, mereka akan investasi lebih dari 200 juta dollar dalam kerjasama ini. Terget, mulai memproduksi mesin berteknologi tinggi dari EcoMotors di Provinsi Shanxi, mulai 2015.

Di China, FAW merupakan salah satu produsen mobil terbesar dengan mitra bisnis Volkswagen, Toyota, dan General Motors.

Kedua
Kerjasama dengan FAW merupakan yang kedua kali dilakukan EcoMotors, setelah sebelumnya mengumumkan hal serupa dengan Zhongding Power, juga dari China. Perusahaan plat merah ini berencana menambah kapasitas produksinya di Provinsi Anhui, dengan menggunakan mesin baru untuk kendaraan niaga dan off-road mereka.

Kedua kesepakatan di atas, akan menggunakan mesin OPOC milik EcoMotors yang dipercaya lebih kompak dari segi ukuran, ketimbang mesin bensin atau diesel konvensional, tapi dengan hasil tenaga yang sama. Selain itu, lebih murah dan punya rata-rata konsumsi bahan bakar yang lebih irit dan lebih ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com