Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Terpal Terbang sampai Tutupi Kaca Mobil

JAKARA, KOMPAS.com - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, banyak baliho Calon Legislatif (Caleg) yang dipasang di sepanjang jalan.

Terlebih panas dan angin kencang belakangan ini terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, berpotensi membuat baliho tersebut roboh hingga terbang ke jalan dan membahayakan orang lain.

Salah satu potensi bahaya yang bisa terjadi seperti video yang diunggah oleh akun Instagram @wijas_indonesia. Dalam tayangan tersebut memperlihatkan kaca depan mobil yang tiba-tiba tertutup terpal yang terbang dari truk ke arah pengemudi yang sedang melintas di jalan tol.

Dalam video itu juga dijelaskan langkah antisipasi oleh pengemudi mobil, agar tidak menimbulkan kecelakaan yang fatal. Paling utama adalah tidak menginjak rem secara tiba-tiba.

Perlu diingat lagi, bahwa kejadian seperti ini juga bisa terjadi ke spanduk caleg yang terbawa angin. Sony mengatakan, saat pengendara mobil dalam posisi tersebut, sebaiknya pastikan kecepatan dengan kendaraan yang di depan diselaraskan, sehingga tidak menimbulkan tabrak depan.

“Kemudian, jangan koreksi setir, tetap ke arah depan. Lalu cek spion dan nyalakan wiper, sebab fungsi wiper menyapu objek yang sekiranya menutupi kaca depan,” kata Sony.

Langkah terakhir, nyalakan lampu hazard dan arahkan kendaraan ke bahu jalan yang terdekat. Jangan lupa untuk perhatikan juga kondisi lalu lintas sebelum menghentikan kendaraan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/14/172100815/video-terpal-terbang-sampai-tutupi-kaca-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke