Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengemudi Wanita, Jangan Biasakan Mengemudi Pakai Sepatu Hak Tinggi

JAKARTA, KOMPAS. COM – Mengemudikan mobil bukan hanya tentang mahir berkendara saja, kenyamanan saat mengoperasikan juga sangat penting. Namun beberapa pengemudi wanita cenderung abai pada keamanan.

Alhasil, banyak pengemudi wanita abai dalam pemilihan alas kaki yang tepat saat mengendarai mobil. Contohnya kebiasaan wanita yang kerap memakai high heels atau sepatu hak tinggi saat mengendarai mobil.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan jika menyetir menggunakan sepatu high heels memang berbahaya.

“Biasanya pengemudi yang menggunakan heels takut heelsnya patah sehingga tidak menapak pedal dan dek yang ada di ruang kaki secara sempurna. Akhirnya pengemudi menggunakan pedal secara sensitif, terkadang pelan, terkadang kencang,” kata Sony beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Sementara itu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengimbau agar para pengemudi wanita tidak mengenakan high heels karena akan menghambat motorik saat berkendara sehingga sangat berbahaya.

“Saat mengemudi tangan dan kaki harus multitasking. Maka jangan gunakan alas kaki yang tumitnya tinggi. Alas kaki yang runcing atau tinggi rentan labil sehingga kaki mudah terpeleset saat menumpu beban,” katanya pada Kompas.com.

Menurut Jusri, saat mengendarai mobil ada banyak hal yang perlu jadi perhatian. Mulai pengguna jalan lain, kondisi jalan yang begitu beragam, macet, jalan berlobang dan keputusan menggunakan kecepatan tinggi atau tidak.

Oleh karena itu pengemudi memerlukan kemampuan antisipasi, empati dan emosional. Terkait antisipasi, saat menggunakan high heels akan menghambat kemampuan tersebut.

“Rekomendasinya menggunakan sepatu datar tanpa heels. Sneakers adalah yang cukup ideal, namun yang paling ideal driving shoe,” kata Jusri. 

Pada saat mengendarai mobil, pengemudi juga harus dinamis untuk mengontrol pedal yang ada di kaki. Mulai dari pedal rem, pedal gas dan pedal kopling harus memiliki kontrol yang seimbang.

Sepatu hak tinggi akan mengganggu kinerja kaki saat berpindah pada setiap pedal. Jika kontrol pedal tidak tepat saat mengemudi, mobil akan rawan alami kecelakaan lalu lintas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/18/101200015/pengemudi-wanita-jangan-biasakan-mengemudi-pakai-sepatu-hak-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke