Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Abai, Ini Tanda Tubuh Sudah Lelah Saat Berkendara Mobil

Meskipun hanya duduk, namun mengendarai mobil dalam durasi lama dengan berbagai medan jalan akan menguras tenaga. Oleh sebab itu, tubuh yang mulai kehilangan stamina akan membuat pengemudi kehilangan konsentrasi berkendara.

Hal ini karena pengemudi sudah berada di batas kelelahan yang mana membutuhkan istirahat. Apabila memaksakan diri, pengemudi akan membahayakan nyawa diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

Ada beberapa gejala kelelahan yang harus diwaspadai oleh pengemudi. Jika merasakan gejala-gejala tersebut, disarankan bagi pengemudi mobil segera beristirahat.

“Pertama tubuh pengemudi akan merasakan pegal-pegal. Pegal-pegal pada bagian tangan, pinggang, leher serta bahu. Jika sudah merasakannya, sudah waktunya bagi pengemudi untuk beristirahat,” kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Gejala selanjutnya adalah mata pengemudi mulai terasa perih. Hal tersebut karena memaksakan indra penglihatan untuk terus melihat berbagai objek saat mengendarai mobil. Tidak hanya itu saja, mata perih juga disebabkan terlalu banyak menerima sinar dari luar kabin.

Gejala lainnya yang harus diwaspadai adalah persepsi jarak terganggu. Hal ini karena otak mulai tidak dapat merespons dengan benar. Kemudian, kepala terasa berat akibat didera rasa kantuk.

Gejala terakhir yaitu ketika memaksakan mengemudi di tengah kondisi mengantuk, hal ini membuat pengemudi berisiko mengalami microsleep.

Meski microsleep terjadi hanya sesaat atau hitungan sepersekian detik. Saat kondisi atau gejala ini terjadi, risiko terjadinya kecelakaan kian besar karena fokus pengemudi hilang.

“Proses sampai mengalami microsleep ini panjang, tapi banyak pengemudi yang mengabaikan dengan alasan tanggung, gengsi dan dikejar waktu,” kata Sony.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/08/084100615/jangan-abai-ini-tanda-tubuh-sudah-lelah-saat-berkendara-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke