Salin Artikel

Fungsi Filter Oli Motor, dan 4 Dampaknya jika Sering Telat Diganti

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu komponen sepeda motor yang punya fungsi pentig ialah filter oli. Fungsinya menyaring partikel-partikel dan benda asing yang tercampur di oli.

Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sports YIMM, mengatakan, filter oli seringkali diabaikan padahal komponen ini turut menjaga performa dan durabilitas mesin.

“Untuk mempertahankan kinerja sepeda motor yang optimal, konsumen perlu merawat sepeda motor secara rutin dan tepat," ungkap Riyadi dalam keterangan resmi, Rabu (13/4/2022).

"Untuk membangun kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perawatan sepeda motor, salah satunya hal sederhana seperti penggantian filter oli yang sering dilupakan oleh konsumen," katanya.

Diyadi menjelaskan, saat mesin bekerja secara normal, oli akan bekerja melumasi setiap komponen dalam mesin, seiring berjalannya waktu oli mesin akan menjadi kotor.

Korotan ini terjadi karena oli tercampur dengan partikel logam, seperti gram-gram sisa gesekan antar part dan karbon sisa pembakaran di mesin.

Maka jika filter oli sudah dalam batas waktu penggantian atau kotor, kemampuan untuk menyaring partikel-partikel dan benda asing pada oli akan berkurang, sehingga oli akan tercampur dengan kotoran.

"Jika partikel-partikel ini dikirim ke mesin bersama oli mesin dan dibiarkan terus menerus hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin motor," kata Riyadi.

Riyadi mengatakan, pemilik motor disarankan untuk melakukan penggantian filter oli tepat waktu setiap 6.000 km atau lebih mudah diingat setelah 2 kali ganti oli mesin.

Riyadi mengatakan setidaknya ada 4 dampak jika filter oli tidak diganti secara berkala:

1. Performa motor menjadi kurang optimal, seperti sering tersendat dan mudah hilang tenaga saat dikendarai.

2. Komponen mesin motor menjadi lebih cepat aus dan tidak tahan lama.

3. Suara mesin terasa kasar dan berisik saat dinyalakan atau dikendarai.

4. Mesin motor menjadi lebih cepat panas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/13/180200815/fungsi-filter-oli-motor-dan-4-dampaknya-jika-sering-telat-diganti

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.