Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Besar Tata Motors untuk Indonesia

Kompas.com - 10/10/2016, 17:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berkali-kali PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menyatakan bahwa keberadaannya saat ini berfokus untuk ”membangun fondasi” agar lebih kuat secara jangka panjang. Kendati demikian, ada misi besar di balik langkah hati-hati itu, yakni menjadikan Indonesia sebagai pasar terbesar Tata Motors di luar India.

Presiden Direktur TMDI Biswadev Sengupta menegaskan bahwa Indonesia adalah salah satu negara penting untuk mendulang volume penjualan di masa mendatang. ”Kami saat ini memang tidak bicara volume, tapi tentu kami datang bukan untuk charity,” ujar Biswadev, di Jakarta, (10/10/2016).

Dia bilang, dalam lima tahun, misi besar TMDI adalah membawa Indonesia menjadi pasar segmen kendaraan niaga terbesar di luar India. Saat ini, Tata Motors sangat besar di negara-negara tetangga India seperti Sri Langka, Bangladesh, dan beberapa negara Afrika seperti Algeria dan Afrika Selatan.

Biswadev juga mengakui, bahwa keberadaan TMDI ke Indonesia sedikit terlambat, namun pelan tapi pasti, target besar itu diyakini tercapai. Penambahan diler sedang terus dilakukan demi membangun kepercayaan masyarakat, terutama dari ketersediaan suku cadang dan servis.

Salah satu terobosan yang dilakukan saat ini adalah program On Road Assistence. Ini menjamin delivery suku cadang pasti tiba 24 jam atau gratis. ”Buat pengusaha, hal ini penting, karena kendaraan komersial terus bekerja. Tidak hanya di kota besar, tetapi sampai ke daerah kecil jangkauan kami,” ujar Biswadev.

Layanan inilah yang akan menjadi salah satu andalan TMDI mencapai misi tersebut selain produk unggulan di segmen pikap dan kendaraan niaga ringan (light duty truck).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com