Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tata Mulai Tantang Triton, Hilux, dan Navara

Kompas.com - 13/08/2016, 19:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Penantang Mitsubishi Triton, Toyota Hilux, dan Nissan Navara, dari India, pikap kabin ganda Tata Xenon XT D-Cab resmi meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show, ICE, Tangerang, Kamis (11/8/2016).  Model terbaru dari Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) ini dijual Rp 320 juta.

Xenon XT D-Cab memiliki sistem gerak 4X4 yang cocok digunakan buat mengangkut barang di kondisi suli. Sebelumnya cuma ada satu pilihan Xenon di dalam negeri, yaitu kabin tunggal, versi kabin lebih besar ini mengoptimalkan kemampuan angkut penumpang.

TMDI memaparkan kendaraan komersial kabin ganda 4X4 merupakan segmen yang konsisten terus tumbuh. Alasannya permintaan transportasi angkut barang serta kebutuhan pokok di kawasan pertambangan atau perkebunan dikatakan tetap tinggi.

”Pada Tata Xenon XT D-Cab 4x4, kami menawarkan tenaga dan torsi yang melimpah, emisi yang rendah, kenyamanan pengendaraan dan menjanjikan, biaya operasional paling efisien di kelasnya,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, dalam keterangan resminya.

Xenon XT D-Cab memiliki mesin diesel 2.2L VTT DICOR bertenaga 140 PS dengan torsi puncak 320 Nm. Hanya tersedia satu pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan. Sistem gerak 4X4 didukung fitur shift on fly.

Semua roda didukung suspensi independen plus antiroll bar dan LSD (Limited Slip Differential). Soal fitur keamanan Xenon XT D-Cab dilengkapi Collapsible Steering Column, twin circuit braking system, dual airbags, ABS, side impact beams, dan reinforce 3 layer body construction.

Xenon XT D-Cab resmi diperkenalkan di GIIAS 2015. TMDI menjelaskan, butuh satu tahun lebih buat mengujinya di jalan-jalan Nusantara sebelum akhirnya meluncur saat ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com