Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tawaran Menarik IKM Indonesia untuk BMW

Kompas.com - 23/05/2016, 14:31 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pekan lalu, 23 orang perwakilan dari Bayerische Motoren Werke (BMW) AG bertemu dengan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin dan jajaran dari Kementerian Perindustrian lainnya. Pertemuan itu membahas kerjasama jangka panjang di Indonesia.

Euis Saedah, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menangah (IKM) Kementerian Perindustrian menjelaskan, kerjasama lebih jelasnya tidak bisa diungkapkan, karena itu merupakan kewenangan dari Menperin dan Dirjen terkait.

Namun dari sisi IKM, Euis memiliki celah untuk bekerjasama dengan merek ternama asal Jerman itu. Salah satunya, menawarkan hasil karya anak bangsa yang bergerak di bidang pembuatan serat kelapa untuk dijadikan pelapis jok atau bahan lainnya untuk interior mobil.

“Kita tawarkan bahan-bahan dari kelapa sawit dan lain sebagainya. Mereka tertarik dan akan terus berkomunikasi dengan kami,” ujar Euis saat berbincang dengan KompasOtomotif, usai acara peresmian Institut Otomotif Indonesia di Kementerian Perindustrian, Jumat (20/5/2016).

Menurut Euis, setelah bertemu dengan Menperin, pihak BMW diajak untuk datang ke pameran IKM yang sedang berlangsung di gedung Smesco, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan untuk melihat hasil karya anak bangsa.

“Setelah itu mereka janji kepada saya untuk saling berkomunikasi melalui surat elektronik (email). Kita tunggu saja bagaimana nanti ke depannya seperti apa,” kata Euis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com