Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fleksibilitas Mewah" pada BMW All-New X5

Kompas.com - 30/11/2015, 08:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Desain SUV terus berubah, tidak lagi konvensional hanya membuai kemampuan di medan off-road. Salah satu model modern yang bisa ditemui di pasar Indonesia saat ini yaitu BMW All-New X5. SUV yang sudah dirakit lokal ini merupakan fleksibilitas dalam balutan kemewahan.

Febri Ardani/KompasOtomotif Twin Circular Headlight pada BMW All-New X5.
Rasanya siapapun bisa mengenali identitas BMW pada X5 dari ciri khas bentuk gril dan binar dua “bola mata bulat” di bagian wajah. BMW jelas lambang premium, jadi tak perlu banyak usaha lagi untuk mengungkapkannya.

Bila dikupas lebih detail, bola mata itu adalah lampu depan berteknologi Xenon. Bagian bawah keduanya mendatar berpadu dengan LED, menghasilkan karakter BMW.

Transformasi desain eksterior generasi ketiga X5 ini merupakan perbaikan dari model sebelumnya. Kini ada banyak elemen pendukung aerodinamika, salah satunya aero blades di bagian atap. X5 diklaim model BMW pertama yang memilikinya.

Ukuran bodi X5 cukup besar, yaitu 4,8 m, lebar 2,1 m, dan tinggi 1,7 m. Kadang bodi bongsor jadi ramuan anti-intimidasi, hal yang sama bisa berlaku saat mengemudikan mobil ini. Malah, dalam berbagai kesempatan, kehadiran X5 di lingkungan membuat orang sekitar yang menentukan sikap.

Febri Ardani/KompasOtomotif Interior BMW All-New X5 lambang kemewahan.
Interior

Eksterior cuma pemuas orang lain, tapi yang asli buat penumpang ada di kabin. Kemewahan X5 dirancang seperti model BMW lain yang lebih pendek. Dibanding generasi sebelumnya, beda paling terasa pada rupa dasbor dan penampang hiburan yang kini berupa perangkat seperti tablet.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kulit "Dakota" pada jok BMW All-New X5.
Jok pengemudi bisa diatur naik-turun dan maju-mundur secara elektronik, X5 bisa mengingat setingan jadi tidak perlu repot mengatur ulang. Lapisan kulit semua jok menggunakan “Dakota”, rancangannya dibuat mengikuti garis punggung penumpang yang membuat kenyamanan makin optimal.

Suasana kabin bisa diatur lewat garis ambient lights yang membentang melintasi dasbor, pintu depan hingga belakang. Saat siang fitur ini mungkin tidak terlalu berguna, tapi pada malam hari bisa mengubah suasana perjalanan. Ada Sembilan jenis pengaturan warna, kombinasi putih, biru, dan jingga.

Febri Ardani/KompasOtomotif Suasana jok baris kedua pada BMW All-New X5.
Faktor penambah sensasi mewah yaitu kaca panoramic dan sunroof pada plafon serta sembilan pelantang suara untuk sarana hiburan. Kualitas audio yang dihasilkan premium, musik apapun yang diputar nyaman buat telinga.

Febri Ardani/KompasOtomotif Pintu belakang bisa dibuka dua sisi, menghadap ke atas dan kebawah, Aplikasi buka tutup pintu atas hanya tinggal memencet tombol.
Fungsionalitas

X5 xDrive 25d dilengkapi mesin diesel 4-silinder 1.995 cc TwinPower Turbo bertenaga 218 tk dan torsi 450 Nm. Transfer tenaga ke roda disalurkan transmisi 8-percepatan Steptronic.

X5 memiliki kapasitas lima penumpang, masing-masing peran dibekali standar kenyamanan serupa. Sandaran punggung jok baris kedua mampu dilipat meski tidak bisa rata, hasilnya tentu meningkatkan kapasitas angkut bagasi.

Keluar-masuk barang di bagian belakang telah dipermudah sebab pintu bisa dibuka dua sisi, menghadap ke atas dan ke bawah. Selain itu membuka dan menutup pintu belakang sekarang cukup memencet tombol.

Sistem gerak semua roda xDrive untuk X5 dirancang dinamis untuk segala kondisi jalan. Ground clearance 209 mm jadi dasar kemampuannya mengatasi masalah jalan rusak hingga banjir.

Fitur lain yang dimiliki X5 yaitu kantong udara pada pengemudi, penumpang depan, jendela, dan samping, dynamic stability control termasuk traction mode, anti-lock braking system (ABS), cornering brake control, pullaway assistant, brake assist (BA), crash sensor, runflat indicator, dan hill descent control.

Harga

All-New X5 dilego Rp 1,149 miliar (off the road) termasuk paket perawatan rutin tanpa biaya selama lima tahun atau hingga 60.000 km. Selain itu konsumen juga mendapatkan garansi 36 bulan tanpa batas km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com