Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Berbagi Sebelum Tinggalkan Pulau Dewata

Kompas.com - 03/03/2014, 20:34 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Banyuwangi, KompasOtomotif – Setelah sepekan menjelajahi Bali, Avanzanation Journey Wilayah Timur kini tiba di Jawa, Senin (3/3/2014). Menyeberangi Selat Bali dari Pelabuhan Gilimanuk hingga Pelabuhan Ketapang, di Banyuwangi Jawa Timur, rombongan semakin mendekati destinasi terakhir, Jakarta.

Sebelumnya, Minggu, (2/3/2014), petualangan hari terakhir di Pulau Dewata, sengaja dimulai sejak pagi buta, mengejar pemandangan matahari terbit di Pantai Sanur. Setelah mendapatkan momen indah Sang Surya, perjalan berlanjut menuju Monumen Bom Bali, di Legian, Kuta. Sejarah kelam kembali teringat saat memandangi daftar 202 korban tewas, akibat ledakan bom di Sari Club dan Paddy’s Cafe pada 12 Oktober 2002 silam. Kejadian tersebut tepat terjadi 1 tahun, 1 bulan, dan 1 hari, setelah serangan runtuhnya menara World Trade Centre di New York, AS, pada 11 September 2001.

Menjelang siang, tim menuju ke dealer utama Toyota Agung Automall (AAM) Tabanan. Kunjungan kami disambut semarak dengan tarian tradisional Panyebrahma yang dipentaskan oleh penari-penari wanita. Lirik mata, senyum, goyang gemulai dan kecerian seperti mengajak kami kembali bersemangat.

Donasi
Sama seperti beberapa kota, di sini tim juga memberikan donasi berupa beasiswa untuk 20 orang siswa, perlengkapan pendidikan (papan tulis, perlengkapan tulis), bahan bangunan, dan sembako untuk siswa berprestasi dari SD 6 Pelod Peken, Madrasah Ibtidaiyah, dan Panti Asuhan - Tuna Wicara Tabanan.

Acara berlangsung meriah. Rombongan juga sempat bertukar cindera mata dengan Kepala Cabang AAM Tabanan, Suprapto. Kegiatan kemudian ditutup dengan tari Barong Cat. Barong berasal dari kata Bahruang yang berarti Beruang, dalam mitos, binatang besar dan kuat ini dianggap sebagai pelindung. Aura inilah yang menyertai perjalanan Avanzanation Journey dalam menyelesaikan misinya.

Menjelang sore, tim bertolak menuju Pelabuhan Gilimanuk, dan menyebrang menuju Jawa di malam hari. Rombongan tiba dan melepas malam di Banyuwangi. Esok, perjalanan di pulau terpadat di Indonesia akan diulas, tetap pantau kisah Avanzanation Journey selanjutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com