Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

305 Motor Ducati Berkumpul dan Pecahkan Rekor MURI di Prambanan

Kompas.com - 05/05/2024, 09:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ducati Indonesia pecahkan rekor museum rekor dunia Indonesia (MURI) dengan mengumpulkan 305 motor Ducati dari berbagai daerah dalam satu acara di Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (4/5/2024).

Keberhasilan tersebut rupanya bertepatan dengan Ducati Day di seluruh dunia. Ducati melaksanakan event “WE RIDE AS ONE”, sebuah event yang mengumpulkan semua Ducatisti untuk merayakan semangat berkendara dan solidaritas komunitas.

Seluruh diler, bersama dengan klub resmi Ducati internasional yang tersebar di lima benua telah menyusun rangkaian acara, membuat rute, dan memilih tempat terbaik di negara masing-masing untuk berkumpul bersama.

Baca juga: Intip Spesifikasi Ducati DesertX Rally yang Rilis Hari Ini


Edisi kedua dari “WE RIDE AS ONE” ini melibatkan lebih dari 15.000 Ducatisti dari 50 negara, dengan inti acara parade motor untuk menghidupkan jalanan di kota-kota utama di setiap negara, seperti di Paris, New York, Cologne, Puebla, New Delhi, Brussels, Ningbo, Pretoria, Tel Aviv, Bogotá, Berlin dan kota di negara lainnya.

Di Indonesia sendiri, Ducatisti ikut memeriahkan kegiatan ini dengan berkumpul di salah satu tempat ikonik paling terkemuka, yaitu Candi Prambanan sebagai salah satu situs warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO.

Sekitar 305 motor Ducati dari berbagai daerah di Indonesia hadir untuk ambil bagian pada kegiatan ini. Selain perseorangan, peserta terdiri dari anggota klub resmi Ducati, yaitu DOCI (Ducati Owner Club Indonesia) dan DSO (Ducati Superbike Owner). Sebagian melakukan touring dari kota Jakarta sehari sebelumnya.

Baca juga: Naik Podium Kedua di Jerez, Marquez Semakin Nyaman dengan Ducati

Parade motor Ducati di YogyakartaIST Parade motor Ducati di Yogyakarta

Kegiatan riding dimulai dari Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta. Jimmy Budhijanto selaku CEO Ducati Indonesia, melepas keberangkatan 305 peserta menuju tempat tujuan, dengan melewati beberapa checkpoint.

Rute yang dilewati mulai dari Banguntapan menuju ke Baturetno, Bantul, kemudian ke Sleman, hingga pemberhentian terakhir di Candi Hindu terbesar di Indonesia tersebut.

Di antara reruntuhan arca yang mulanya dipersembahkan untuk Roro Jonggrang ini, Ducatisti berkumpul untuk saling berinteraksi, membaur, dan menularkan semangat kebersamaan.

Keindahan arsitektur Prambanan dan auranya yang magis pun seolah turut menambahkan rasa antusias serta membiuskan spirit positif kepada seluruh anggota komunitas.

Baca juga: Berhasil Podium, Marquez Akui Motor Ducati Luar Biasa

Peserta parade motor Ducati memasuki kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta.IST Peserta parade motor Ducati memasuki kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta.

Jimmy Budhijanto, CEO Ducati Indonesia bangga setelah tahun lalu berhasil mengumpulkan lebih dari 221 Ducatisti di Senayan Park, Jakarta, tahun ini berhasil mengumpulkan sekitar 305 motor di Prambanan.

“Kami menganggap kesediaan mereka untuk hadir di sini adalah bentuk loyalitas pada brand Ducati yang tercipta berkat rasa puas terhadap kualitas produk yang sangat baik.” ucap Jimmy dalam keterangan resmi, Sabtu (4/5/2024).

“Selain itu kami juga meyakini kesuksesan acara ini adalah bentuk kepercayaan mereka terhadap pelayanan dan customer relations yang baik dari kami. Kami berharap tahun depan bisa kembali dengan jumlah peserta yang lebih banyak.” tambah Jimmy.

Baca juga: Kata Marquez Usai Raih Podium Bersama Ducati di MotoGP Spanyol

Penyerahan piagam penghargaan dari MURI ke Ducati IndonesiaIST Penyerahan piagam penghargaan dari MURI ke Ducati Indonesia

Keberhasilan Ducati Indonesia menorehkan catatan rekor MURI dengan tajuk penghargaan “Pengumpulan Motor Besar Satu Merek dengan Jenis Terbanyak” menjadi kebanggan tersendiri.

Pencapaian ini diraih bukan hanya karena kesuksesan mengumpulkan sebanyak 305 Ducati, tetapi juga berkat keberhasilan mengumpulkan seluruh varian untuk mengikuti riding, mulai dari jenis Superbike, Streetfighter, Diavel, Monster, DesertX, Multistrada, Hypermotard, dan Scrambler.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh perwakilan MURI kepada Jimmy Budhijanto di tengah rangkaian acara utama.

Pada kesempatan ini Ducati Indonesia juga meluncurkan dua produk terbarunya yaitu Ducati DesertX Rally dan Ducati Hypermotard 698 Mono.

Dengan kehadiran dua produk terbaru ini, Ducati kembali menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam industri roda dua di Tanah Air dengan desain inovatif dan performa yang luar biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com