Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanzanation Journey 2014 [Timur]

Indahnya Berbagi sambil Menikmati "Surga Dunia"

Kompas.com - 25/02/2014, 19:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuta, KompasOtomotif – Avazanation Journey wilayah Timur telah sampai di Bali, Selasa (25/2/2014). Perjalanan sejauh 3.800 km dari titik paling Timur Nusantara, tepatnya dari Merauke, Papua, menjadi bukti ketangguhan Avanza menempuh segala medan, di seluruh penjuru negeri.

Agenda pertama, mengunjungi dealerToyota Agung Automall di Kuta, sekaligus mengadakan konferensi pers untuk media lokal. Rombongan disambut meriah dan penuh sukacita oleh tuan rumah dan perwakilan dari komunitas setempat. Dalam kesempatan yang sama, mewakili program CSR Toyota Astra Motor, tim menyerahkan secara simbolis bantuan kepada beberapa institusi lokal.

Bantuan berupa 10 unit komputer, 5 unit LCD proyektor dan total uang tunai Rp 40 juta diberikan kepada SDN 24 Pemecutan, SDN 13 Pedungan, Panti Asuhan Dharma Jati Denpasar, dan Panti sosial Kresna Werdha.

Garuda Wisnu Kencana
Acara berikutnya, mampir ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang terletak di Tanjung Nusa Dua, Badung, Bali. Rencananya, di sini akan dibangun maskot Bali berupa patung raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda setinggi 75 m dan lebar 60 m, namun pembangunan masih belum selesai. Destinasi ini pasti jadi favorit baik untuk turis lokal ataupun luar negeri.

Lalu, tim bertolak ke Monumen Bajra Sandhi atau yang lebih dikenal dengan sebutan monumen Perjuangan Rakyat Bali. Di bagian dalam bisa terlihat diorama “Perang Puputan”, pertempuran jaman kemerdekaan, yang berarti bertempur habis-habisan antara rakyat Bali melawan penjajah.

Ide awal disiapkan Gubernur Bali kala itu, Ida Bagus Mantra, pada 1980. Setahun kemudian, sayembara desain monumen digelar dan dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, mahasiswa jurusan arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayanana. 1988 peletakan batu pertama, 13 tahun kemudian pembangunan selesai. Pada Juni 2003, diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Surga Dunia
Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Pantai Pandawa. Sensasi ketika memasuki kawasan pantai sangat berbeda, rombongan dihadapkan dua tebing besar, mengarahkan jalan menuju “pemandangan surga dunia”. Terlihat ukiran dan patung yang sengaja ditempatkan di dinding  tebing.

Pesisir yang tergolong baru untuk wisatawan ini mulai mudah didatangi setelah akses masuk telah diperbaiki. Biru air laut dan pasir halus sungguh eksotis, tidak heran banyak pengunjung betah berlama-lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com