Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2024, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile memamerkan mobil listrik mungil Seres E1 di lantai pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 30 April-5 Mei 2024.

Mobil listrik yang bermain di segmen city car ini dibanderol Rp 189 juta, sekaligus menjadi pesaing dari Wuling Air ev.

Kompas.com mendapat kesempatan untuk menjajal Seres E1 di arena test drive PEVS, pada Jumat (3/5/2024).

Arena yang disediakan terbatas, sehingga pengetesan tidak bisa dilakukan secara maksimal. Namun setidaknya bisa menghilangkan sedikit rasa penasaran Kompas.com.

Baca juga: BYD Tak Minat Jual Mobil Listrik Blue Bird untuk Umum

Saat masuk ke dalam Seres E1, kabin memang tidak terlalu lapang mengingat dimensinya yang cukup mungil. Namun untuk Kompas.com dengan tinggi 168 cm masih terasa lega dan tidak sesak.

Seres E1Kompas.com/Nanda Seres E1

Dari posisi berkendara, mobil ini juga menawarkan kenyamanan yang cukup baik. Visibilitas serta jangkauan ke tombol-tombol touch screen yang ada di bawah di head unit juga dirasa tidak ada kendala.

Mengingat mobil ini mengusung teknologi listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV), suara mobil begitu kedap.

Untuk memindahkan transmisi dilakukan melalui tuas yang berada di dasbor. Bentuknya dan letaknya cukup unik, berbeda dengan mobil listrik kebanyakan yang menggunakan tuas atau knop sebagai transmisinya.

Saat Kompas.com menginjak pedal gas, sensasi torsi instan langsung terasa. Sayangnya pengetesan akselerasi tidak bisa dilakukan maksimal mengingat arena yang terbatas.

Transmisi Seres E1Kompas.com/Nanda Transmisi Seres E1

Ketika melewati speed trap, suspensi Seres E1 memang terbilang cukup keras, terlebih jok yang disematkan tidak begitu empuk. Sehingga guncangan saat melewati bumpy road semakin terasa.

Saat diajak manuver, handling Seres E1 juga cukup stabil. Hanya saja pengujian dilakukan pada kecepatan rendah. Kompas.com masih harus melakukan pengujian ketika bermanuver di jalan raya dengan kecepatan sedang.

Seres E1Kompas.com/Nanda Seres E1

Baca juga: Biar Awet, Pengguna Mobil Listrik Wajib Jaga Kondisi Baterai

Untuk kesan pertama, mobil ini memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Bisa menjadi pilihan bagi Anda yang berniat meminang mobil listrik perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com