Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai GPS, Kendaraan Rental Bisa Terpantau Secara Online

Kompas.com - 09/06/2024, 14:21 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam era digital saat ini, kemajuan teknologi terus memberikan kemudahan dan keamanan bagi berbagai sektor bisnis, termasuk industri rental mobil.

Di industri ini, kebutuhan akan keamanan merupakan hal krusial untuk mencegah kerugian dan memastikan perlindungan aset perusahaan.

Salah satu manfaat penting dari pemasangan GPS untuk mobil rental adalah kemampuan untuk memantau posisi kendaraan secara real-time.

Baca juga: Video Kecelakaan karena Menyalip di Bahu Jalan Tol, Pelaku Kabur

"Posisi kendaraan saat di rental tetap terpantau oleh pemilik dengan mudah secara online," kata CEO Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia, Hartono Budiman kepada Kompas.com, (9/6/2024).

GPS Tracker StartGPS merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk keamanan mobil.StartGPS GPS Tracker StartGPS merupakan aplikasi yang bermanfaat untuk keamanan mobil.

Fitur ini memberikan lapisan keamanan tambahan yang signifikan. Dengan pemantauan real-time, risiko pencurian dapat diminimalkan dan pemilik dapat memastikan bahwa kendaraan digunakan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dengan penyewa.

Fitur lain dari GPS Tracker adalah geofencing. Fitur ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk menetapkan batas wilayah tertentu yang tidak boleh dilanggar oleh penyewa.

Baca juga: Yamaha Gelar Acara buat Konsumen Fazzio dan Grand Filano

“Antisipasi pelanggaran wilayah saat mobil di rental dengan fitur geofencing (penyewa membawa kendaraan keluar wilayah yang disepakati saat menyewa),” tambah Hartono.

Kalau kendaraan keluar dari zona yang diizinkan, sistem akan mengirimkan peringatan kepada pemilik sehingga tindakan cepat dapat diambil untuk mencegah potensi kerugian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com