Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai GPS, Kendaraan Rental Bisa Terpantau Secara Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam era digital saat ini, kemajuan teknologi terus memberikan kemudahan dan keamanan bagi berbagai sektor bisnis, termasuk industri rental mobil.

Di industri ini, kebutuhan akan keamanan merupakan hal krusial untuk mencegah kerugian dan memastikan perlindungan aset perusahaan.

Salah satu manfaat penting dari pemasangan GPS untuk mobil rental adalah kemampuan untuk memantau posisi kendaraan secara real-time.

"Posisi kendaraan saat di rental tetap terpantau oleh pemilik dengan mudah secara online," kata CEO Sinergi Teknologi Terpadu Indonesia, Hartono Budiman kepada Kompas.com, (9/6/2024).

Fitur ini memberikan lapisan keamanan tambahan yang signifikan. Dengan pemantauan real-time, risiko pencurian dapat diminimalkan dan pemilik dapat memastikan bahwa kendaraan digunakan sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati dengan penyewa.

Fitur lain dari GPS Tracker adalah geofencing. Fitur ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk menetapkan batas wilayah tertentu yang tidak boleh dilanggar oleh penyewa.

“Antisipasi pelanggaran wilayah saat mobil di rental dengan fitur geofencing (penyewa membawa kendaraan keluar wilayah yang disepakati saat menyewa),” tambah Hartono.

Kalau kendaraan keluar dari zona yang diizinkan, sistem akan mengirimkan peringatan kepada pemilik sehingga tindakan cepat dapat diambil untuk mencegah potensi kerugian.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/09/142100315/pakai-gps-kendaraan-rental-bisa-terpantau-secara-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke