Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Sopir Keluar Mobil Saat Isi BBM di SPBU?

Kompas.com - 06/06/2024, 14:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) konsumen perlu mematuhi peraturan yang sudah dituliskan.

Setidaknya ada empat larangan yang tertera di SPBU, yaitu dilarang merokok, dilarang mengaktifkan handphone, dilarang memotret dan dilarang menyalakan api.

Selain itu, ada hal yang juga perlu dilakukan oleh konsumen saat mengisi bensin mobil, yaitu keluar dari kabin.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, saat mengisi bensin harus dan wajib keluar mobil.

Baca juga: BRZ Tulang Punggung Subaru Indonesia, Forester Ketiga

Anggota Satreskrim Polres Salatiga mengecek SPBU untuk mengantisipasi tindak kecurangan.KOMPAS.com/Dok. Polres Salatiga Anggota Satreskrim Polres Salatiga mengecek SPBU untuk mengantisipasi tindak kecurangan.

“Kenapa, karena mendampingi petugas dalam mengisi kedalam tangki bensin supaya lebih akurat dan terkontrol,” kata Sony kepada Kompas.com, Kamis (6/6/2024).

Selain itu, Sony mengatakan, dengan keluar dari mobil ini menjadi lebih menghargai para petugas, dan bisa mengawasi dan mengontrol kondisi sekitar SPBU.

“Pengemudi juga bisa menstimulasi penciuman, pendengaran dan penglihatan, supaya bisa lebih fokus berkendara setelahnya,” kata Sony.

Baca juga: Alasan Zeekr Mau Luncurkan 2 Model di Indonesia


Sony juga mengatakan, manfaat keluar mobil saat isi bensin di SPBU juga bisa meregangkan otot kaki agar tidak kaku.

Sony menegaskan, keluar mobil saat isi bensin ini wajib dilakukan karena bisa untuk menghindari risiko berbahaya.

“Keluar wajib, matikan mesin mobil juga wajib. Ini untuk menghindari risiko bahaya kebakaran dan mobil meluncur,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com