Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Bos Ducati Lebih Pilih Marquez dari Martin dan Bastianini

Kompas.com - 06/06/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Crash.net


JAKARTA, KOMPAS.com - Ducati Corse akhirnya resmi menjatuhkan pilihan kepada Marc Marquez. Musim depan, Baby Alien akan jadi tandem Francesco Bagnaia di tim pabrikan Ducati Lenovo.

Kedatangan Marquez mau tak mau menggusur Enea Bastianini yang kini dikabarkan mengincar kursi KTM di GasGas Tech3. Pilihan Ducati kepada Marquez juga membuat Jorge Martin menandatangani kontrak dengan Aprilia.

Baca juga: Mulai Rp 5 Jutaan, Ada 57 Tipe Motor Listrik Subsidi per Juni 2024

Ducati Corse General Manager Gigi Dall'Igna dan Francesco BagnaiaFoto: Twitter Moto.it Ducati Corse General Manager Gigi Dall'Igna dan Francesco Bagnaia

General Manager Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, mengucapkan perpisahan kepada dua pebalapnya yaitu Martin dan Bastianini. Orang nomor satu di tim balap Ducati itu mendoakan yang terbaik buat keduanya.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Enea Bastianini dan Jorge Martín atas semua kerja keras mereka bersama kami selama beberapa tahun terakhir, dan saya mendoakan yang terbaik untuk mereka di masa depan,” kata Dall’Igna dilansir dari Crash, Kamis (6/6/2024).

Baca juga: Trayek Baru Rosalia Indah, Blitar - Palembang Pakai Bus Eksekutif Plus

“Musim ini, mereka telah menunjukkan bahwa mereka telah mencapai level yang luar biasa, dan kami yakin mereka akan terus bersaing memperebutkan gelar hingga akhir,” ujarnya.

Dall’Igna mengatakan, memutuskan siapa yang jadi rekan setim Bagnaia tidak mudah dan banyak pertimbangan.

Jorge MartinInstagram @89jorgemartin Jorge Martin

“Memutuskan rekan setim baru Bagnaia di Tim Ducati Lenovo tidaklah mudah, karena kami memiliki daftar pebalap yang sangat kuat untuk dipilih. Pada akhirnya, pilihan kami jatuh pada talenta yang tidak perlu dipertanyakan lagi seperti Marc Márquez,” katanya.

“Hanya dalam beberapa balapan, dia berhasil beradaptasi secara sempurna dengan Desmosedici GP kami, dan ambisinya mendorongnya untuk terus berkembang,” ujar Dall’Igna.

Baca juga: Trayek Baru Rosalia Indah, Blitar - Palembang Pakai Bus Eksekutif Plus

Dall’Igna mengatakan, musim depan Ducati bakal punya dua pebalap bergelar juara dunia dalam satu paddock.

Enea Bastianini di MotoGP MalaysiaTWITTER/BESTIA23 Enea Bastianini di MotoGP Malaysia

“Kami akan memiliki dua pebalap yang jika digabung memegang 11 gelar Juara Dunia.  Kemampuan, pengalaman dan kedewasaan mereka akan sangat berharga bagi pertumbuhan kami,” ujarnya.

Pilihan Ducati kepada Marquez sebetulnya pernah diisyaratkan Dall'Igna, yang menyebut Ducati akan mempertimbangkan 'sejarah' para pebalap ketika membuat keputusan tim pabrikan.

Tapi di sisi lain, Pramac Racing mungkin adalah pihak yang paling dirugikan sebab Martin pindah ke Aprilia dan belum ada pengganti. Adapun rekan setimnya, Franco Morbidelli masih tertatih-tatih di atas Desmosedici.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com